SABTU , 15 DESEMBER 2018

Kejari Musnahkan Barang Bukti Perkara

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 17 September 2015 17:41

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Kajari Masamba memusnahkan sejumlah barang bukti dari delapan perkara hukum yang sudah mendapatkan putusan inkra dari pengadilan dan Kejaksaan negeri Masamba. Pemusnahan barang bukti yang dilaksanakan di halaman kantor Kajari Masamba yang dihadiri oleh Ketua pengadilan Masamba, Polres Luwu Utara, Asisten III Muhammad Jasrum, Kabag Hukum, dan Kajari Masamba.

Kepala Kajari Masamba, Andi Mirnawati, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pemusnahan barang bukti berasal dari delapan perkara yang telah ada keputusan inkranya.

“Dari delapan perkara hukum yang sudah ada keputusan inkranya ini, hari ini kita musnahkan,” kata Mirnawati, seraya menambahkan bahwa barang bukti yang tersebut merupakan hasil sitaan dari para tersangka.

Dari delapan perkara tersebut, lima di antaranya adalah kasus Narkoba dan tiga lainnya adalah kasus hukum penyerangan atau perkelahian.

Dikatakan, pemusnahan barang bukti adalah langkah akhir dari tugas sebagai jaksa yaitu eksekusi barang bukti dan tersangka. Untuk kasus Narkoba, dimusnahkan sebanyak 15 saset atau 18,30 gram paket narkoba, sementara ada tiga senpira (senjata api rakitan) dan puluhan busur dan parang.

Pemusnahan barang bukti hari ini merupakan kali keduanya dilakukan dalam tahun 2015. Pemusnahan dilakukan karena dianggap sebagai barang yang membahayakan dan tidak boleh dikembalikan kepada pemiliknya. Khusus perkara kasus narkoba, kata Mirnawati, peredaran Narkoba di Luwu Utara dalam beberapa minggu terakhir mengalami peningkatan yang sangat besar. Untuk itu, Kajari Masamba berjanji
akan terus mengawal dan memberikan efek jera kepada para pelaku atau tersangka.

“Pemusnahan barang bukti ini kita lakukan secepat mungkin, dan barang bukti yang kita musnahkan hari ini. Selain Narkoba, kita juga memusnahkan sejumlah barang bukti penyerangan seperti senjata api rakitan, busur, parang. Pemusnahan ini Kita harapkan dapat menjadi warning bagi para pelaku bahwa tindakan seperti ini tidak ada kata maaf dan ampun,” tegas Kajari Masamba ini.

Andi Mirnawati menambahkan bahwa dalam pemusnahan barang bukti kali ini, yang paling banyak adalah barang bukti Narkoba. Disebutkan pula bahwa saat ini kasus narkoba semakin bertambah jumlahnya.


Tag
  • narkoba
  •  
    div>