Kejari Tator Sidak di SPBU

Kasi Intel Kejari Makale, Amri Kurniawan

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Menyikapi maraknya penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di SPBU, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tana Toraja, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SPBU Mandetek (SPBU Tetebassi) Kecamatan Makale Utara kabupaten Tana Toraja, Rabu (6/9).

Kasi Intel Kejari Makale, Amri Kurniawan mengatakan, sidak tersebut dilakukan untuk mengingatkan SPBU bahwa BBM bersubsidi hanya dijual ke tangki-tangki kendaraan, bukan ke jerigen, kecuali BBM non subsidi.

“Masih ada penjualan BBM bersubsidi menggunakan jerigen, namun untuk sekarang kami hanya mengingatkan serta memberi pemahaman bahwa BBM subsidi hanya untuk tangki kendaraan. Jika ke depan masih melakukan kami akan ditindaki,” kata Amri.

Lanjut Amri, pembelian BBM bersubsidi bisa dengan jerigen, namun itu untuk keperluan pribadi, misalnya mesin atau dipergunakan di daerah terpencil bisa dilayanani. Syaratnya, dengan menunjukkan surat pengantar dari pemerintah di wilayahnya, yakni dari Lurah ataupun Lembang (desa) yang didalamnya jelas peruntukannya.

“Misalnya untuk mesin penggiling, mesin pemotong kayu. Tetapi itu dalam jumlah yang terbatas tidak boleh dalam jumlah puluhan jerigen atau ratusan liter. Pembelian tersebut sesuai kebutuhan, dan bukan untuk dijual kembali,” tandasnya.