SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Kekalahan Ahok Berpengaruh ke Jokowi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 25 April 2017 10:13
Kekalahan Ahok Berpengaruh ke Jokowi

Presiden RI, Joko Widodo. foto: reuters

JAKARTA – Tak bisa dipungkiri bahwa relasi antara Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama sangat dekat. Kebersamaan semasa berjuang di Pilgub DKI Jakarta, membiki kedunya memiliki chemistry yang kuat.

Nah, ketika Ahok tumbang, kemarin, hal tersebut dinilai bakal berpengaruh kepada terhadap Jokowi.

“Kerja Jokowi enggak senyaman dulu dengan Ahok, karena chemistry-nya Ahok,” kata Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Vox‎pol Center, Senin (24/4).

Karena itu, Pangi menyatakan, tinggal bagaimana nanti Jokowi dan Anies melakukan pendekatan. Sehingga, bisa terjalin hubungan yang baik seperti ketika Gubernur DKI Jakarta dipegang Ahok.

“(Jokowi) belum dapat (chemistry) dengan Anies, tapi gimana nanti bersosi‎alisasi, beradaptasi,” ujar Pangi.

Terkait Pemilihan Presiden 2019, Pangi mengatakan, Jokowi bisa saja menggandeng Ahok sebagai calon wakil presiden. ‎Namun, menurut dia, perkara dugaan penodaan agama yang menjerat Ahok bisa menjadi kendala.

“Untuk bisa mendapat dukungan suara mayoritas enggak gampang, Jokowi agak terganggu,” tutur Pangi.

[NEXT-RASUL]

Pangi menilai, Jokowi bisa menggandeng kepala daerah yang berprestasi di pemerintahan untuk dijadikan sebagai cawapres. Misalnya saja, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Menurut Pangi, memegang jabatan sebagai wakil tidaklah mudah. Sebab, seorang wakil harus memahami persoalan fundamental dan bisa mengatasi persoalan.

Kemudian, sosok yang ditunjuk‎ sebagai wakil juga harus berpengalaman, karena biasanya pekerjaannya lebih teknis. “Kalau salah ngambil wakil bisa blunder,” ucap Pangi. (jpg)


div>