SABTU , 20 OKTOBER 2018

Kekuatan Besar Jegal Punggawa ke Pilgub

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 22 September 2017 10:00
Kekuatan Besar Jegal Punggawa ke Pilgub

Dok.RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Adanya kekuatan besar untuk menjegal Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL – Cakka) menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel, mulai terbaca. Upaya penjegalan tersebut ditengarai karena IYL – Cakka dianggap sebagai ancaman bagi kandidat lain.

Skenario menutup pintu parpol kini sudah semakin terang benderang. Begitu pun upaya mengganggu di jalur perseorangan, juga sudah berjalan. Mulai perubahan format di form, juga adanya isu menyiapkan skenario seolah-olah banyak dukungan ganda saat verifikasi nantinya.

Fakta ini mencuat setelah parpol yang sudah menyatakan sikap mendukung IYL-Cakka satu-persatu direcoki. Termasuk yang mengarah memberikan dukungan, juga dicarikan cara agar tidak sampai mengeluarkan rekomendasi ke pasangan yang dikenal komitmen tersebut. Lainnya, antisipasi lewat jalur perseorangan juga tak didiamkan pihak tertentu. Tujuannya, tak ingin memberi jalan mulus bagi IYL – Cakka maju lewat jalur ini.

Indikasi adanya skenario juga menggagalkan IYL-Cakka di jalur perseorangan, terbaca dari manuver kubu tertentu yang ikut mengumpulkan dukungan KTP yang disebut-sebut ingin mengesankan nantinya terjadi dukungan ganda. Begitu pun, sejak dini diduga “menggilir” akademisi yang bisa diarahkan untuk membuat penetrasi lebih awal di publik, jika perseorangan bisa direkayasa. Sehingga, bila IYL – Cakka maju lewat jalur ini, targetnya ada kecurangan.

Wakil Ketua DPP PPP, Amir Uskara, mengakui, ada kandidat lain yang sengaja merecoki dukungan PPP ke IYL – Cakka melalui DPP. Tetapi, partai berlambang ka’bah tersebut akan tetap solid. Ia bahkan optimistis, IYL akan tetap bertarung lewat jalur partai, meskipun memiliki peluang maju melalui jalur independen.

“Kami PPP sangat optimistis jika IYL tetap maju di jalur partai. IYL memiliki pengaruh dan kedekatan dengan sejumlah parpol,” kata Amir Uskara saat dikonfirmasi, Kamis (21/9).

Ia menegaskan, PPP tetap konsisten berada di barisan IYL, meski ada kandidat lain yang sengaja merecoki PPP lewat DPP.


div>