SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Kekuatan SYL dan IYL-Cakka Makin Dahsyat Majukan Sulsel

Reporter:

Editor:

Lukman

Jumat , 13 April 2018 18:20
Kekuatan SYL dan IYL-Cakka Makin Dahsyat Majukan Sulsel

Ichsan Yasin Limpo dan Syahrul Yasin Limpo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dukungan Syahrul Yasin Limpo (SYL) kepada pasangan usungan koalisi rakyat, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menjadi keuntungan tersendiri bagi pasangan nomor 4 ini.

Bergabungnya SYL yang juga mantan gubernur Sulsel dua periode, dinilai akan semakin memadukan kekuatan yang dimiliki IYL-Cakka untuk memajukan Sulsel.

Mengingat, kemampuan dan pemahaman IYL dan Cakka juga tak perlu diragukan. Termasuk gagasan-gagasannya yang pro rakyat, baik melalui peningkatan kualitas pendidikan, maupun rumah produktif, serta 18 item program lainnya.

Jika kemampuan Syahrul dan IYL-Cakka disinergikan, tentu menjadi keuntungan tersendiri buat rakyat Sulsel. Mengingat, pengalaman dan masukan Syahrul masih dibutuhkan kedepannya. Apalagi ia sukses menjadikan Sulsel sebagai provinsi terbaik di Indonesia.

Pengamat Politik Unhas, Andi Haris mengatakan, melihat perpaduan ini, diyakini sebagian besar gerbong pendukung SYL, maupun warga yang mengapresiasi kinerjanya akan ikut mendukung IYL-Cakka.

“SYL punya pengaruh, termasuk yang menjadi kader partai lain. Bukan hanya di NasDem, tapi di Golkar pun pasti ada. Mungkin bukan pada kalangan atas, tapi setidaknya akan ada yang ikut. Terkhusus di 24 kabupaten/kota,” kata Dr Andi Haris, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (13/4/2018).

Haris melanjutkan, bergabungnya SYL ke ke Punggawa Macakka membuat strategi pemenang semakin kuat. Apalagi selama ini SYL dikenal sebagai birokrat senior dan politikus ulung. Sehingga, secara otomatis banyak pengikutnya akan ikut mendukung IYL-Cakka.

Terkait alasan SYL memilih mendukung IYL dibanding usungan Partai NasDem, selain masalah hubungan emosional keluarga, menurut Haris juga dikarenakan melihat pengalaman dan kemampuan duet IYL-Cakka.

“Pak IYL-Cakka pernah menjabat sebagai kepala daerah, tentu ini menjadi pengalaman mereka. SYL memilih orang yang bisa melanjutkan pembangunan dan keberhasilan yang sudah ada selama ini,” jelasnya.

Keberhasilan pembangunan Sulsel selama satu dekade di bawah kepemimpinan SYL sudah sangat baik. Bahkan meraih 244 penghargaan nasional dan 3 penghargaan dunia.

“Tentu dibutuhkan sosok pemimpin yang bisa melakukan terobosan agar daerah ini semakin maju. Kita akui Pak Syahrul telah berhasil membawa Sulsel lebih maju dan terbaik di Indonesia,” tandasnya.

Sebelumnya, akademisi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Muhammad Ridha menilai, Syahrul mendukung Punggawa Macakka dinilai atas berbagai pertimbangan.

Selain karena mereka bersaudara, Syahrul punya pertimbangan matang siapa kandidat yang dinilai mampu melanjutkan kepemimpinannya ke depan.

“Apalagi sekarang secara resmi beliau sudah melepas jabatannya sebagai gubernur karena masa jabatan sudah berakhir,” papar Ridha.

Ridha mengaku, baik SYL maupun IYL Dan Cakka sama-sama punya pengalaman pemerintahan dua periode. Syahrul sebagai Gubernur, dan IYL-Cakka merupakan bupati di Gowa dan Luwu.

“Dua-duanya (SYL dan IYL) sama-sama mampu memimpin. Pak Syahrul saya kira punya pertimbangan matang. Mungkin salah satunya adalah karena pak IYL lah yang bisa melanjutkan pemerintahan dan programprogramnya,” lanjut Ridha.

Dia menjelaskan, dukungan Syahrul YL ke Ichsan YL adalah hal yang wajar. Menurut dia, itu pasti. “Yang menarik dinanti adalah kemampuan pak Syahrul mempengaruhi daya elektabilitas pak Ichsan dalam Pilgub yang akan segera dilaksanakan dua bulan lagi,” ucapnya.

Apakah ada pengaruh signifikan atau tidak? Dia menjelaskan, Syahrul YL pasti akan memberikan konstribusi besar ke pasangan IYL-Cakka. Apalagi kedekatannya dengan basis massa selama dua tahun memimpin Sulsel tak diragukan lagi.

“Tapi menurut pengamatan saya, pendekatan pak Syahrul ke basis masyarakat secara langsung akan mengangkat elektabilitas dan trend elektabilitas yang positif bagi punggawa,” tuturnya. (**)


div>