MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Keluarga Prasejahtera Di Salajo 48 KK

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 19 September 2012 10:04

RAKYAT SULSEL . GOWA – Ketua tim dan rombongan penilai lomba Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) datang ke Kabupaten Gowa. Rombongan tiba di Desa Salajo, Kecamatan Bontonompo Selatan (Bonsel), Selasa (18/9).

Penerimaan tim penilai lomba diterima oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa,H.Muh Yusuf Sommeng. Turut hadir, Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, Hj. Novita Ichsan YL, Kepala Badan KB dan PP Gowa Hj Hafsah Ruslan, pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa dan Muspika Bonsel, serta anggota PKK Kabupaten Gowa.

Dipilihnya Desa Salajo, Kecamatan Bonsel mewakili Kabupaten Gowa dalam lomba ini dengan pertimbangan, bahwa desa ini masih memiliki keluarga pra sejahtera. Sehingga melalui program ini diharapkan warga desa terpacu guna melakukan berbagai kegiatan dalam upaya peningkatan beberapa hal seperti, peningkatan kedudukan perempuan dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Desa Salajo merupakan desa yang berada di Kecamatan Bonsel Kabupaten Gowa. Jumlah penduduk 865 jiwa, (laki-laki  417 jiwa dan perempuan 448 jiwa) dengan jumlah KK 251. Mata pencaharian penduduk mayoritas petani, pedagang, PNS dan buruh bangunan. Keluarga pra sejahtera yang ada di desa ini sebesar 48 KK dan keluarga sejahtera  satu sebesar 96 KK.

Serangkaian kegiatan menyambut penilaian telah dilaksanakan warga Desa Salajo. Diantaranya perbaikan perumahan dan halaman, penataan lingkungan, pembuatan jamban keluarga, pembuatan program  PKK, peningkatan peranan gender para wanita. Tidak ketinggalan pelatihan kerajinan tangan dan peningkatan industri rumah tangga, yang  didukung oleh semua sektor dan tim pembina dari berbagai kalangan, seperti unsur organisasi wanita, LSM, masyarakat dan pemerintah.

Sekkab Gowa, dalam sambutan penerimaan mengatakan penilaian ini tidak mengejar juara semata. “Pelakasanaan penilaian bukan sekadar mengejar juara  namun bagaimana program ini bermanfaat terutama bagi ibu-ibu rumah tangga Desa Salajo,” ujar Yusuf Sommeng di hadapan rombongan tim penilai dan warga Desa Salajo.

Tim penilai yang diketuai Hj. Sarli Nur mengatakan penilaian ini berlangsung di 14 kabupaten/kota di Sulsel. Selain itu, kata dia, tim juga akan melihat langsung serta menilai semua kegiatan yang telah dilaporkan oleh BKB dan PP Kabupaten Gowa pada pihak panitia lomba. “Jadi kedatangan tim untuk melihat langsung dan mengecek apa yang telah dilaporkan ke kami,” ujar Sarli Nur. (K1/C)


Tag
div>