SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Kembangkan Budidaya Udang Putih, Dinas Perikanan Luwu Utara Gelar Workshop

Reporter:

Haerul Tunggariif

Editor:

Iskanto

Senin , 05 November 2018 10:40
Kembangkan Budidaya Udang Putih, Dinas Perikanan Luwu Utara Gelar Workshop

Whorkshop Managemen Kelembagaan kelompok tani pembudidaya ikan yang digelar oleh Dinas Perikanan, Minggu, (4/11).

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Demi pengembangan teknologi budidaya udang vanname (udang putih, red) mulai dari pemilihan benih hingga panen. Untuk itu, Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara menggelar Workshop Manajemen Kelembagaan Pembudidaya Ikan, di Desa Pao Kecamatan Malangke Barat dan Desa Bungadidi Kecamatan Tanalili, awal November kemarin.

Workshop yang menghadirkan narasumber dari Hatchery Benur Kita Barru tersebut,
dihadiri Kepala Dinas Perikanan beserta jajaran, Penyuluh Perikanan Bungadidi dan Penyuluh Perikanan Pao.

Menurut Kepala Dinas Perikanan, Muharwan menyampaikan, manajemen kelembagaan ialah sebagai kelompok unit produksi, wadah kerjasama dan unit ekonomi yang merupakan penguatan kelompok,” jelas Muharwan kepada awak media, Senin (5/11).

Pelaksanaan Workshop Manajemen Kelembagaan Pembudidaya Ikan itu, kata Muharwan, adalah salah satu bagian dari tugas dan fungsi Dinas Perikanan sebagai fasilitator dan katalisator di sektor Perikanan.

“Alhamdulillah, para pembudidaya sangat antusias mengikutiworkshop ini. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya seluruh pembudidaya di dua desa tersebut, termasuk para Kepala Desa,” terangnya.

Kehadiran Kepala Desa di kegiatan tersebut, bertujuan untuk memberikan gambaran umum pelbagai potensi budidaya yang dikembangkan di desa masing-masing. Adapun pembudidaya yang disentuh yakni Penerima Dana Penguatan Modal (DPM) Provinsi Sulawesi Selatan serta hibah sarana daerah. “Demi pengembangan infrastruktur ekonomi, diharapkan ada bantuan dari dana desa juga,” harap Muharwan.


div>