KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Kembangkan Potensi dan Kreatifitas Nalar, HMJ Matematika Gelar Workshop PKM 5 Bidang

Reporter:

Editor:

Iskanto

Minggu , 30 September 2018 18:22
Kembangkan Potensi dan Kreatifitas Nalar, HMJ Matematika Gelar Workshop PKM 5 Bidang

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sabtu, 29 September 2018 kemarin, telah berlangsung kegiatan Workshop PKM 5 Bidang yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (HMJ Matematika FMIPA UNM) periode 2018-2019 di gedung Aula FF 103-104.

Dimulai pada pukul 08.50 WITA, kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC Eka Syawalia, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta laporan Ketua Panitia Annisa Uniarti dan Zaenal selaku Ketua Umum HMJ Matematika FMIPA UNM Periode 2018-2019.

Selanjutnya dibuka secara resmi oleh Dosen Pembimbing HMJ Matematika FMIPA UNM Periode 2018-2019 yaitu Ayahanda Syahrullah Ashari, S.Pd., M.Pd.

Workshop PKM 5 Bidang ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan HMJ Matematika FMIPA UNM guna mengembangkan potensi dan kreatifitas nalar mahasiswa jurusan Matematika sarta berusaha memberikan motivasi dan teknik penulisan PKM yang berkualitas kepada mahasiswa.

Kegiatan ini mengusung tema “Menumbuhkan Kreatifitas dan Produktifitas untuk Pembangunan Indonesia”, kegiatan ini terdiri dari tiga materi dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidang penulisan ilmiah. Bapak Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd. sebagai pemateri pertama dengan materi mengenai PKM-K dan PKM-T, selanjutnya Prof. Syafruddin Side, S.Si., M.Si., Ph.D. sebagai pemateri kedua dengan materi mengenai PKM-P, PKM-M, dan PKM-KC, serta Bapak Dr. Sultan, M.Pd. sebagai pemateri ketiga dengan materi Eksplorasi Ide dan Kiat-kiat Menulis PKM.

Pada Workshop PKM 5 Bidang 2018 ini tidak hanya tidak hanya memberikan materi kepada mahasisawa, tetapi juga memberikan pembinaan yang berkelanjutan selama 2 pekan yang dibimbing langsung oleh 9 Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM mulai dari penentuan tema, judul hingga proses penulisan karya tulis ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 15 tim dimana setiap tim terdiri dari 3-5 mahasiswa.

Ketua panitia mengharapkan, selepas penerimaan materi hari ini, peserta tetap aktif dalam melakukan bimbingan selama 2 pekan mendatang
“Saya harap, peserta dapat memahami materi yang diberikan hari ini dan selanjutnya aktif dalam melakukan konsultasi kepada dosen-dosen agar peserta-peserta dapat mengasilkan banyak proposal PKM yang bisa sampai ke-tahap PIMNAS,” harap Annisa Uniarti.

“Workshop PKM 5 Bidang yang menjadi kegiatan kita hari ini, Saya menganggap bahwa kegiatan ini adalah bagian dari perjalanan intelektual adik-adik mahasiswa, bagaimana menjadi peneliti juga sekaligus menjadi penulis pada akhirnya yang diharapkan menjadi bagian dari perjalanan intelektual adik-adik untuk bisa melahirkan karya-karya besar yang bermanfaat, bukan hanya untuk diri sendiri tapi bahkan bagi masyarakat dan dunia secara luas,” jelas Dosen Pembimbing HMJ Matematika Syahrullah Ashari. (*)


div>