KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Kemdagri Minta KPU Serahkan Temuan soal Data Penduduk

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Selasa , 12 April 2016 19:15
Kemdagri Minta KPU Serahkan Temuan soal Data Penduduk

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM –  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus menyempurnakan data kependudukan, sebelum nantinya diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai daftar penduduk potensial pemilih (DP4) untuk Pilkada serentak 2017.

“‎Untuk persiapan data pemilih kami sudah koordinasi dengan KPU 23 Februari lalu, untuk evalusi DPT (daftar pemilih tetap) pilkada 2015 dan menyempurnakan bagian-bagian yang dianggap tidak update oleh KPU,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arief Fakrulloh, Selasa (12/4).

Menurut Zudan, penyempurnaan data sangat penting, guna meminimalisir data-data yang tak akurat. Contohnya, penduduk yang telah meninggal dunia, namun masih muncul dalam DP4.

“‎Untuk itu saya sudah minta dengan surat resmi kepada Ketua KPU, agar memberikan data temuan penduduk yang sudah meninggal yang ditemukan saat KPUD melakukan coklit (pencocokan dan penelitian,red),” ujarnya.

Zudan menegaskan Ditjen Dukcapil sangat terbuka untuk perbaikan data. Selain itu, pihaknya juga menawarkan penggunaan uji biometrik‎ pada KPU untuk meneliti keabsahan dukungan terhadap KTP bagi syarat bakal calon dari jalur perseorangan.

“Kami dukcapil terbuka untuk perbaikan data. Saat ini kami terus melakukan perekaman untuk pendataan dan menawarkan kepada KPU agar dipakai uji biometrik bagi penduduk yang mengaku belum punya NIK (nomor induk kependudukan,red),” ujar Zudan.(gir/jpnn)


div>