SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Kemenhub Anggarkan Rp 4 Triliun Proyek Kereta Api Sulsel

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 28 Oktober 2017 10:20
Kemenhub Anggarkan Rp 4 Triliun Proyek Kereta Api Sulsel

REL KERETA API. Suasana pengerjaan jalur kereta api Trans Sulawesi di Pekkae, Barru, Sulsel, beberapa waktu lalu. ASEP/RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pembangunan Kereta Api di Sulsel kembali mendapatkan tambahan anggaran dari APBN tahun 2018. Jumlahnya Sebanyak Rp 4 triliun, untuk menyelesaikan pembangunan rel sepanjang 40 kilometer di daerah Barru.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan anggaran tersebut nantinya akan dibantu oleh investor untuk melanjutkan pembangunan rel sepanjang 140 kilometer.

“Kita akan selesaikan dulu 40 kilometer dengan anggaran Rp4 triliun. Kita akan selesaikan dulu. Selesai itu, kita akan undang investor jadikan 100 kilometer, 140 kilometer dan seterusnya, ” ungkap Budi, usai melakukan dialog sinergi membangun bangsa, dengan tema Sulsel gerbang konektivitas Indonesia, di gedung Amiruddin, Unhas, Jumat (27/10) kemarin.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan kereta api Sulsel masih membutuhkan anggaran hingga Rp11-13 triliun, dan Jika mendapat suntikan dana Rp4 triliun tahun depan, maka masih dibutuhkan Rp7-9 triliun.
“Kalau kita dengar bahasa Bapak Presiden, carikan cara bagaimana untuk menyelesaikan,” ungkap Syahrul.

Proyek Kereta Api ini diprioritaskan tahun depan setelah sebelumnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perkeretaapian Trans Sulawesi, Henry Hidayat mendapatkan jaminan dari Kemenhub terkait percepatannya.

“Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) sudah jawab. Tahun depan, targetnya 40 kilometer rel lagi sudah rampung,” paparnya.


div>