SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Kemenristik Dikti Percayakan UMI Sebagai Pelaksana Kuliah Umum

Reporter:

Editor:

Nunu

Kamis , 22 Februari 2018 14:49
Kemenristik Dikti Percayakan UMI Sebagai Pelaksana Kuliah Umum

SANTAI - Suasana santai terlihat pada penerimaan Koordinator Kopertis WIl. IX, Prof. Dr. Jasruddin, MSi., saat berkunjung ke Menara UMI Lt. 9, Rabu, (21/2 ).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Civitas Akademika Universitas Muslim Indonesia patut berbangga, Menteri Ristek Dikti Prof.Dr. Muhammad Nasir, menunjuk UMI sebagai tempat pelaksanaan kuliah Umum yang menghadirkan Pimpinan PTN dan PTS serta  mahasiswa dalam lingkup wilayah Kopertis Wil. IX yang akan di gelar pada Maret 2018  mendatang.

Hal tersebut diutarakan Koordinator Kopertis WIl. IX, Prof. Dr. Jasruddin, MSi.,  saat berkunjung ke Menara UMI Lt. 9, Rabu, (21/2 ) dan diterima Rektor UMI, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, M.A.

Hadir mendampigi Rektor UMI, Wakil Rektor V Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH.,MH., yang juga Ketua APTISI Wil. IX. Sulawesi. Rombongan Koordinator Kopertis,  Sekretaris Kopertis, Dr. Hawignyo, M.M.,  Kepala Bagian Tata Usaha, Muh. Amir, S.H.,M.H., dan Kepala Kelembagaan dan Sistem Informasi, Drs. Andi Lukman, M.Si.

Prof.Dr,Jasruddin dalam pertemuan tersebut, menyampaikan amanah Menristek Dikti, Prof.Dr. Muhammad Nuh., bahwa rencana beliau akan membawakan kuliah umum di wilayah Sulawesi dan ditempatkan di Makassar  dan ketika Saya (baca Prof.Dr. Jasruddin), menyampaikan beberapa alternatif tempat kegiatan, beliau meminta kegiatan kuliah umum di tempatkan di UMI, PTS terbaik di Wilayah Indonesia Timur. “ di UMI saja tempatnya, refresentatif dan strategis, Saya pernah kesana, tidak salah dua kali dan tempatnya refresentatif untuk kegiatan ini, tinggal pak Koordinator menyampaikan ke Rektor UMI atas kesediaan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut yang akan dijadwalkan bulan Maret 2018  dan hadir sebagai narasumber Saya sendiri dan Dr. Muhaimin Iskandar, demikian  Saya mengutip hasil perbincangan Saya dengan Menristek, ujar mantan Direktur PPS UNM ini.

Rektor UMI menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas amanah dipercayakan UMI sebagai tuan rumah, Alhamdulillah, tentu kebanggan bagi kami Menristek memilih UMI sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut dan Insya Allah kami siap untuk menyukseskan amanah yang diberikan kepada kami. Menjadi tuan rumah bukan hal yang baru, beberapa lembaga Negara juga telah mempercayakan UMI sebagai tuan rumah dalam beberapa kegiatan dan Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak khususnya civitas akademika UMI semua berjalan lancar. Untuk kegiatan kuliah umum dengan tema   menyiapkan Perguruan Tinggi  menyongsong Revolusi Industri ke-4 dan Karakter Bangsa, insya Allah UMI akan membentuk panitia, kolaborasi dengan tim dari Kopertis Wil. IX.

Dalam kesempatan tersebut, Prof.Dr. Jasruddin juga menyampaikan bahwa kunjungan ke UMI selain menyampaiakan amanah Menristek Dikti, sekaligus silaturrahmi ke PTS setelah beliau dilantik sebagai Koordinator Kopertis Wil. XI pada tanggal 15 Januari 2018.  Beberapa program akan dilaksanakan dalam kepemimpinan beliau dan dengan rencana kedatangan Menristek Dikti, Kopertis juga akan menggelar Rakerwil yang dibuka Menristek Dikti. Saya berharap PTS di lingkup Kopertis Wil. IX menjadi PTS yang sehat.  PTS yang sudah mapan dapat membina PTS yang lain dan saling mendukung. Saat ini eranya meningkatkan  kualitas   Sebab bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga, atau Negara yang sangat maju, perguruan tingginya yang maju bukan dari PTN tapi PTS. Kita PTS jangan sebatas menonton, tetapi harus menjadi pemain dalam persaingan kelas dunia ini, ujarnya.

 


div>