SENIN , 22 OKTOBER 2018

Kementan RI Distribusikan Benih secara Gratis

Reporter:

Muhammad Iqbal

Editor:

Iskanto

Minggu , 07 Oktober 2018 08:22
Kementan RI Distribusikan Benih secara Gratis

Seminar Nasional yang digelar oleh Fapertahut UMMA, di Auditorium Balitsereal, Sabtu (06/10).

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Kementerian Pertanian Republik Indonesia mendistribusikan benih secara gratis yang diperuntukkan bagi petani dan masyarakat luas.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi (PE) Pusat Penelitian dan Pengembangan Bogor Kementan RI, Dr. Rustan Massinai, STP., M.Sc. saat menjadi narasumber dalam Seminar Nasional yang digelar oleh Fapertahut UMMA, di Auditorium Balitsereal, Sabtu (06/10).

“Kementerian menyediakan benih gratis, mulai dari Kakao, Kopi, Lada, Pala dan banyak lagi yang lainnya. Ini sudah kita sebar ke masing-masing wilayah yang ditentukan oleh dinas pertanian di seluruh Indonesia. Sisa pihak yang hendak mendapatkan bibit/benih tersebut, bisa bersurat¬† ke balai terdekat di wilayah masing-masing,” jelas Rustan.

Lebih lanjut, Rustan mengatakan pembenihan tersebut diproduksi oleh Badan Litbang Pertanian sejak tahun 2017 lalu pendistribusiannya dilakukan pada tahun 2018 kepada semua CPCL dari Dinas-dinas yang membidangi perkebunan.

“Mudah-mudahan harapan Pak Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman untuk¬† mengembalikan kejayaan hasil tani, rempah-rempah, dan hasil kebun lainnya dapat twrwujud seperti pada tahun 70-an lalu. Makanya, sejak 2017 lalu kami di Kementan itu memproduksi benih, dan telah melakukan pendistribusian tahun 2018 ini, yang dimana tujuannya itu ntuk mencapai kejayaan tersebut,” tutupnya.

Selain itu, Rustan juga berpesan kepada mahasiswa yang menjadi peserta dalam seminar tersebut, dpt berkoordinasi ke Balai terdekat jika ada kegiatan yang membutuhkan bibit/ benih.

“Bagi adik-adik mahasiswa ini, kalau butuh benih, bisa menyurat ke BPTP setempat yg ada di provinsi di wilayah masing-masing, utk bisa berkoordinasi terkait program perbenihan di Kementerian Pertanian,” tutupnya. (*)


div>