JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Kementerian Agama Lelet Tetapkan Biaya Naik Haji

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 07 April 2016 08:30

JAKARTA, RAKYATSUlSEL.COM – Langkah-langkah Kementerian Agama terkait dengan biaya penyelenggaran ibadah haji (BPIH) yang lelet cukup disesalkan.

Kementerian Agama misalnya tidak memprioritaskan penetapan BPIH jauh sebelumnya. Bahkan komitmen untuk memprioritaskan jamaah lansia tidak kunjung mendapatkan perhatian.

Demikian disampaikan anggota Panja BPIH Komisi VIII DPR dari Fraksi Nasdem, KH. Choirul Muna, dalam keterangan beberapa saat lalu.

“Seharusnya penetapan BPIH bersama dengan Komisi VIII bisa diketok pada awal april seperti tahun lalu, kalua melihat kondisi seperti ini akan berdampak buruk pada proses selanjutnya, yaitu pengajuan visa bagi calon jamaah haji,” ungkapnya.

Muna menilai penentuan besaran Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) tahun 2016 diperkirakan akan lebih molor karena kepastian penambahan kuota sebanyak 10.000 jamaah untuk tahun ini masih belum jelas.

“Kementerian Haji Arab Saudi masih belum berterus terang untuk memberikan kepastian, sehingga kondisi ini menyulitkan Komisi VIII untuk segera menentukan besaran BPIH,” kata Muna. (rmol)


div>