RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Kementerian Kelautan Lepas Ratusan Kepiting di Pangkep

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Kamis , 29 Januari 2015 18:15

PANGKEP,RAKYATSULSEL.COM – Balai Karantina Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Pangkep melakukan pelepasan ratusan kepiting bertelur di Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene, Pangkep, Kamis (29/1).

Pelepasan ini berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang penangkapan Kepiting, Lobster dan Rajungan. Peraturan ini melarang untuk melakukan penangkapan terhadap ketiga biota air tadi dibawah batasan ukuran berat yang ditentukan.

Kepala Balai Karantina Ikan KKP, Provinsi Sulsel, Widodo menjelaskan eksploitasi kepiting, lobster dan rajungan sudah dianggap membahayakan keberadaan hewan ini dialam bebas. Ia menambahkan, ukuran yang bisa ditangkap yaitu, kepiting 15 cm, lobster 8cm dan rajungan 10cm.

Sementara dalam edaran yang mengatur penjelasan dari Permen ini menjelaskan ukuran panjang diganti menjadi ukuran berat minimal untuk penangkapan.

“Kalau kepiting berat minimalnya diatas 200 gram, rajungan 55gram dan lobster 150gram,” jelas Widodo disela-sela pelepasan.

Dia berharap DKP Pangkep dan masyarakat ikut mendukung kebijakan ini. Sebab menurutnya, meski diawal prograam akan menyulitkan masyarakat, namun dia yakin kedepannya ketersediaan dialam ketiga biota ini akan melimpah.


Tag
  • kepiting
  •  
    div>