MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Kepada Mahasiswa Baru UIM, Gubernur SYL: Amalkan Nilai-nilai Sulapa’ Eppa’

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 10 September 2015 14:58
Kepada Mahasiswa Baru UIM, Gubernur SYL: Amalkan Nilai-nilai Sulapa’ Eppa’

Gubernur Syahrul Yasin Limpo memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru UIM, Kamis (10/9). (Andy/RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel Dr H Syahrul Yasin Limpo memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa UIM dalam rangka penyambutan mahasiswa baru 2015, Kamis (10/9).

Dalam kuliah umumnya, yang dilaksanakan di Auditorium KH Muhyiddin Zain kampus UIM tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo banyak memberikan motivasi dan spirit kepada mahasiswa baru untuk tetap semangat dan tekun dalam menuntut ilmu.

Dalam kesempatan itu, Gubernur SYL mengajak seluruh mahasiswa UIM untuk mengubah paradigma berpikir yang dulunya bermalas-malasan menjadi rajin dan setiap tingkah laku bercirikan intelektual.

Menurut Gubernur, perubahan mental menjadi lebih dewasa tak bisa ditawar-tawar lagi serta siap menjadi intelektual yang kritis, kreatif dan bertanggung jawab.

“Proklamasikanlah diri anda bahwasanya anda adalah mahasiswa hebat. Bangga menjadi mahasiswa UIM sebagai perguruan tinggi terbaik, karena saya hadir sebagai Gubernur Sulawesi Selatan berdiri di hadapan untuk bertemu dengan anda dan memberikan kuliah umum,” ujarnya.

Dia mengingatkan agar mahasiswa baru UIM senantiasa mengamalkan nilai-nilai filosofi hidup Bugis-Makassar dalam menjalani kehidupan di dunia akademik. Filosofi Bugis-Makassar yang menjadi inti pesan Gubernur Syahrul adalah “Sulapa’ Eppa” yang berarti segi empat. Makna filosofi tersebut adalah nilai-nilai itu lempu’ (jujur), macca (berpengetahuan), warani (memiliki keberanian moral), sugi’/Malabo (pemurah).


div>