JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Kepala Kemenag Sulsel: Fenomena Modern Gerus Nilai Positif Masyarakat

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Senin , 28 September 2015 19:02
Kepala Kemenag Sulsel: Fenomena Modern Gerus Nilai Positif Masyarakat

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Abd Wahid Thahir, M.Ag. tampil sebagai pembicara utama pada kuliah umum/kuliah perdana mahasiswa baru FAI UMI Makassar, di Auditorium Al-Jibra, Senin (28/9/15). (IST)

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM РKepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel Drs. H. Abd Wahid Thahir, M.Ag. tampil sebagai pembicara utama pada kuliah umum/kuliah perdana mahasiswa baru Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI), di  Auditorium Al-Jibra, Senin (28/9/15).

Wahid saat membawakan materi kuliahnya menyatakan, salah satu kelemahan di lingkungan pendidikan kita adalah karena terlalu menekankan aspek kognitif tanpa memperlihatkan praktek atau contoh keteladanan dan pembiasaan, sehingga ilmu yang diperoleh peserta didik tidak kontekstual.

Dia juga mengungkapkan tantangan generasi muda saat ini adalah mewaspadai dan menghindari beberapa fenomena modern yang mulai menggerus nilai positif di masyarakat. “Diantaranya, meningkatnya kekerasan di masyarakat yang dilakukan oleh generasi muda akibat peer group (pengaruh kuat Geng), meningkatnya prilaku merusak diri seperti narkoba, alkohol dan sex bebas, semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk sehingga merusak rasa tanggungjawab, membudayakan ketidak jujuran, muncul rasa saling curiga dan mudah menyalahkan orang lain hanya karena berbeda, termasuk lunturnya perhormatan dan penghargaan terhadap orang tua dan guru, ”

Selain itu, kata dia, fenomena berkurangnya motivasi belajar baik di rumah maupun di sekolah akibat prilaku hedonis dan pragmatis yang menggerogoti masyarakat.

“Tantangan tersebut harus kita jawab sekarang dengan melakukan sesuatu yang baik dengan cara yang benar, dan melakukan hal benar dengan cara yang baik, baik menurut agama, maupun menurut nilai / konsesnsus yang berkembang dalam tradisi masyarakat kita di timur, ” ujarnya.

Acara yang dilaksanakan oleh Civitas Akademika FAI UMI Makassar ini mengambil tema Elaborasi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Pembentukan karakter Bangsa.

Dalam sambutannya, Dekan FAI UMI DR. H. Hasibuddin mengatakan, FAI UMI semakin hari semakin berkembang baik, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Dia juga berharap ke depan adanya kolaborasi positif antara FAI UMI dengan Kemenag Sulsel dalam upaya mengembangkan dan memajukan Pendidikan Islam khususnya di Sulsel.


div>