RABU , 19 DESEMBER 2018

Kepala Rutan Mamuju Bantah Keterlibatan Oknum Sipir Terlibat Transaksi Narkoba

Reporter:

Lukman

Editor:

Kamis , 19 Juli 2018 22:40
Kepala Rutan Mamuju Bantah Keterlibatan Oknum Sipir Terlibat Transaksi Narkoba

Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Mamuju Abd Rahman

MAMUJU,RAKAYATSULSEL.COM – Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Mamuju Abd Rahman angkat bicara terkait pernyataan Kapolres “Metro” Mamuju AKBP Moh Rivai Arvan yang menduga Rutan Mamuju menjadi tempat transaksi narkoba serta keterlibatan oknum sipir Rutan Mamuju.

Abd Rahman menjelaskan ketiga narapidana yang dimaksud bahwa, narapidana itu dipinjam Kasat Narkoba Polres Mamuju dengan alasan pemeriksaan lanjutan.

“Hari Selasa kemarin, Kasat Narkoba Polres Mamuju menemui saya untuk meminjam tiga narapidana yang ada di Rutan untuk pemeriksaan lanjutan. Sore harinya seorang tahanan yang dipinjam dikembalikan ke Rutan dan dua lainnya masih dilakukan pemeriksaan,” ungkap Abd Rahman kepada wartawan saat dikonfirmasi, Kamis (19/7/2018).

Abd Rahman juga mengatakan penghuni Rutan untuk saat ini ada sebanyak 2/3 kasus pengguna narkoba, dari 262 kasus pengguna narkoba, ada sebanyak 150 kasus penggunaan narkoba.

“Jika ada yang mengatakan Rutan adalah surga bagi para pengguna narkoba, itu mungkin saja terjadi karena di dalam Rutan ada sekitar 80% kasus penggunaan narkoba,” sambungnya.

Ia menambahkan, jika ada penjaga yang terlibat transaksi dengan tahanan serta data yang lengkap, Kemenkumham akan melakukan pemecatan.

“Jika ada petugas yang terlibat dan ada bukti dan faktanya, kementerian kita tegas mengatakan petugas tersebut dipecat. Tetapi jika dikatakan bahwa narapidana bebas menggunakan handphone di dalam Rutan, kita sudah berusaha melakukan penyitaan,” tutupnya (*)


div>