SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Kepala SMAN 1 Makassar Akhirnya Ditahan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 28 April 2017 15:03
Kepala SMAN 1 Makassar Akhirnya Ditahan

Ilustrasi Kantor Kejaksaan Negeri Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kejaksaan Negeri (Kajari) Makassar akhirnya menahan mantan Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 1 Makassar, Abd Hajar, tersangka kasus dugaan Pungutan Liar (Pungli) melalui penerimaan siswa baru tahun 2016 dengan sistem offline.

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari, Alham, Kamis (27/4), mengatakan, pihaknya melakukan penahanan terhadap tersangka Abd Hajar, setelah dilakukan pemeriksaan selama hampir tiga jam di ruang penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Makassar.

“Penyidik melakukan penahanan setelah memastikan jika pemeriksaan Abdul Hajar telah dirasa cukup untuk kepentingan pemberkasannya sebagai tersangka,” kata Alham diberitakan Rakyat Sulsel, Jumat (28/4).

“Setelah penyidik melakukan pemeriksaan tersangka, akhirnya kami mengusulkan ke pimpinan untuk melakukan penahanan dan akan ditahan di Lapas klas 1 Makassar selama 20 hari kedepan,” tambahnya.

Ia menambahkan, penahanan yang dilakukan karena berdasarkan Pasal 21 KUHAP, penyidik memang memiliki hak untuk melakukan penahanan jika ancaman hukuman yangdisangkakan di atas lima tahun. Saat ini pihak Kejari Makassar masih menunjuk Abd Hajar sebagai tersangka tunggal. Namun bukan berarti tidak ada tersangka baru karena masih menunggu dalam proses persidangan.

“Keikutsertaan panitia nanti akan kita lihat seperti apa, yang jelas kami susun berkasnya dulu, minggu depan kita usahakan supaya bisa disidang bersamaan dengan SMA 5,” kata Alham.

Atas perbuatannya Abdul Hajar dijerat pasal 11 dan 12 Undang undang No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 Tahun. (***)


div>