MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Kepala Syahbandar Tutup Jalur Pelayaran dari Benteng ke Selayar

Reporter:

Editor:

dedi

Jumat , 23 Desember 2016 19:25
Kepala Syahbandar Tutup Jalur Pelayaran dari Benteng ke Selayar

Ilustrasi

SELAYAR, RAKYATSULSEL.COM – Cuaca buruk disertai angin kencang yang melanda perairan Kepulauan Selayar beberapa hari terakhir ini.

Akibatnya, jalur pelayaran tujuan Pelabuhan Benteng maupun dari Pelabuhan Benteng ke tempat lain sampai batas waktu yang tidak ditentukan dilakukan penutupan akses jalur tersebut. Hal ini diungkap Kepala Syahbandar Kepulauan Selayar Hasfar, Jumat (23/12).

“Ketinggian ombak untuk saat ini di perairan Selayar mencapai 3-4 Meter dan dinyatakan tidak aman untuk pelayaran. Jadi saat ini akses Pelabuhan Benteng kami tutup sementara, hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” terangnya.

Untuk saat ini, kata Hasfar, pemilik kapal dan nakhoda diminta untuk berhati-hati dan mempertimbangkan kondisi cuaca sebelum melakukan pelayaran, guna mencegah kecelakaan laut yang menimbulkan korban jiwa.

“Pemilik kapal juga dihimbau melengkapi kapalnya dengan standard keselamatan penumpang serta berkoordinasi dengan instansi terkait sebelum melakukan pelayaran,” imbau pemegang otoritas pelayaran ini.

Diketahui, akibat cuaca buruk yang melanda perairan Selayar, telah menyebabkan kapal penumpang KM. Adi Nusantara berlabuh paksa di Pelabuhan Benteng sambil menunggu cuaca membaik.

“Jadi untuk mengantisipasi korban berikutnya, kami mengambil langkah ini. Pelarangan pelayaran ini bergantung kondisi cuaca dan ketinggian ombak,” pungkasnya.


div>