RABU , 21 NOVEMBER 2018

Keren, Film Marlina Akan Wakili Indonesia dalam Oscar 2019

Reporter:

Editor:

Iskanto

Rabu , 19 September 2018 11:04
Keren, Film Marlina Akan Wakili Indonesia dalam Oscar 2019

Marlina Si Pembunuh dalam empat babak. Foto : jpnn

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Komite seleksi Best Foreign Language Oscar ke 91 memilih film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia mengikuti kompetisi Oscar ke-91 tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Seleksi Christine Hakim, Selasa (18/9). Dia mengatakan bahwa Marlina terpilih setelah menyisihkan 100 film nasional lainnya yang beredar setahun lalu.

“Unsur-unsur yang dipertimbangkan untuk kategori ini meliputi semua unsur. Baik dari tema, dan semua unsur pendukungnya,” kata Christine Hakim di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (18/9).

Menurut aktris senior itu, ajang bergengsi ini bukan festival untuk memilih yang terbaik. Tapi memilih yang sesuai dengan karakteristik Oscar. Sehingga film Indonesia bisa bersaing dalam ajang tersebut.

“Kalau bisa, kita ingin memilih lebih dari satu. Tapi, sayangnya setiap negara harus memilih satu,” jelasnya.

Anggota Komite Oscar 2019 berjumlah 13 orang. Di antaranya Alim Sudio, Reza Rahadian, Benni Setiawan, Christine Hakim, Fauzan Zidni, Firman Bintang, Hardo Sukoyo, Yenny Rachman, Marcella Zalianty, Mathias Muchus, Roy Lolang, Thoersi Argeswara, Yudi Datau, dan Zairin Zain.

Menurut Reza Rahadian, film Marlina mempunyai lokal wisdom yang sangat kuat. Dari setting, cerita dan lainnya. Sehingga menurutnya film ini layak mewakili Indonesia.

“Selain itu, dalam kategori ini, banyak negara yang mengirim film yang berisi isu kemanusian dan gender. Apakah teknis berpengaruh, iya. Jadi sangat komplit film ini,” ucap Reza.

Sebelumnya, Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS), selaku penyelenggara gelaran Academy Awards atau Oscar, untuk kali kesekian menunjuk Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) untuk memilih satu film Indonesia, guna bertarung dikategori Best Foreign Language 2019. Untuk mendapatkan satu film Indonesia yang akan diikutkan dalam Best Foreign Language 2019, anggota komite Oscar kategori Best Foreign Language, sudah mulai bekerja per 31 Agustus 2018 lalu.

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak adalah film berlatar Sumba, Indonesia yang menceritakan seorang perempuan bernama Marlina. Tokoh tersebut diperankan oleh aktris Marsha Timothy. Marlina adalah korban pemerkosan yang kemudian membalas dendam kepada perampok yang berjumlah 7 orang. Dalam perjuangan mencari keadilan, dia membawa kepala dari bos perampok, Markus yang dipenggal.

Selain Marsha Timothy, film Marlina turut dibintangi oleh Dea Panendra sebagai Novi, Yoga Pramata sebagai Franz, dan lainnya.

Sebelum masuk seleksi Oscar, film yang disutradarai Mouly Surya itu sudah berkeliling festival luar negeri. Seperti hadir di Cannes Film Festival, New Zeeland International Film Festival, Melbourne Film Festival, dan Toronto International Film Festival. Selama di sana film Marlina mendapat sambutan yang meriah di berbagai negara.(jpnn)


div>