MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Keren, Program Literasi Al-Qur’an Asal Sulsel Dinasionalkan

Reporter:

Al Amin

Editor:

Iskanto

Sabtu , 01 September 2018 21:04
Keren, Program Literasi Al-Qur’an Asal Sulsel Dinasionalkan

Sejumlah siswa-siswi tengah membaca kita suci masing-masing.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dampak positif Program Literasi Kitab Suci bagi sekolah-sekolah di Sulsel rupanya kian meluas. Pemerintah pusat terinspirasi dengan menasionalkan program tersebut.

Hal itu terbukti setelah Kemendikbud RI melalui Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) mengeluarkan Surat Edaran (SE) ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi se-Indonesia tanggal 29 Agustus 2018.

Dalam SE nomor 5748/D/BS/2018 Dinas Pendidikan tiap daerah diperintahkan segera membentuk satuan tugas (Satgas) Literasi Kitab Suci untuk penguatan dan pembentukan karakter bagi peserta didik.

Literasi kitab suci secara massif pertama kali diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Sulsel sejak dua bulan terakhir. Seluruh SMA, SMK dan SLB se-Sulsel yang kini di bawah naungan Disdik Sulsel melakukan literasi kitab suci tiap hari Jumat. Sebelum pembelajaran pertama dimulai, selama 30 menit seluruh peserta didik beserta guru membaca kitab suci agama masing-masing secara massal.

Program ini pun menuai banyak pujian dari berbagai kalangan termasuk oleh Pj. Gubernur Sulsel Dr. Sumarsono, MDM dan dari jajaran pejabat Kanwil Kementerian Agama Sulsel hingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Muhajir Effendy saat berkunjung beberapa waktu lalu di Makassar. (*)


Tag
div>