JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Kerukunan Kombongan Sangtorayaan Gelar Musyawarah Besar di Makassar

Reporter:

Editor:

dedi

Sabtu , 10 Desember 2016 19:34
Kerukunan Kombongan Sangtorayaan Gelar Musyawarah Besar di Makassar

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Ratusan masyarakat Toraja yang tergabung dari berbagai kerukunan keluarga masyarakat Toraja mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) Kombongan Sangtorayaan di Four Point By Serathon Hotel, Jl Landak Baru, Makassar, Sabtu (10/12).

Kombongan Sangtorayaan merupakan organisasi Musyawarah/forum komunikasi seluruh kerukunan keluarga masyarakat Toraja.

Ketua Panitia, Mubes Kombongan Sangtorayaan, Marten Tondok mengatakan, bahwa kegiatan Mubes tersebut juga akan dirangkaikan dialog publik.

“Terima kasih atas kehadiran saudara-saudara. Selain pemilihan ketua periode 2017-2020, Kombongan Sangtorayaan juga akan melaksanakan dialog publik,” ungkap Marten dalam sambutanya.

Sementara itu, Ketua Kombongan Sangtorayaan, Brent Litha mengatakan peserta Kombongan Sangtorayaan tidak hanya dari Sulawesi Selatan saja.

“Perlu saya sampaikan bahwa yang hadir, undangan pada acara Mubes Kombongan Sangtorayaan ini tidak hanya dari Sulsel, ada saudara-saudara kita setiap perwakilan bahkan ada dari Papua,” terang Brent Litha.

Sekedar diketahui, dalam acara tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, Bupati Mamasa, Bupati Toraja Utara dan Wakil Bupati Toraja.

[NEXT-RASUL]

Dalam sambutannya Agus Arifin Nu’mang mengatakan potensi wisata di Kabupaten Toraja sangat tinggi. Dimana dengan adanya Bandar Udara (Bandara) yang terletak tidak jauh dari Toraja akan menjadi penunjang optimalisasi wisata di Toraja.

“Sejak saya terpilih bersama pak Syahrul (Gubernur Sulsel), saya memang telah berkomitmen untuk menjadikan Toraja sebagai salah satu daerah prioritas. Alhamdulillah, hingga saat ini terus ada perkembangan,” jelas Agus.

Tak hanya itu, orang nomor dua di Sulsel ini menjanjikan salah satu event internasional untuk masyarakat Toraja. Kemungkinan, kata dia, akan dilaksanakan bertepatan dengan hari peringatan Natal.

“Kita janji memberikan hadiah spesial untuk masyarakat Toraja, dan akan mengadakan event Kerbau pentger. Kerbau yang menjadi landasan untuk melukis seperti Kanvas. Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di vietnam dan akan dilakukan juga di Tator,” terangnya.

Tak hanya mubes, Kombongan Sangtorayaan juga menggelar penggalangan dana untuk korban Gempa Bumi di Aceh. Dimana sejumlah panitia pelaksana Mubes Kombongan Sangtorayaan menghampiri seluruh peserta untuk menyumbang se-ikhlasnya. (Isk)


div>