MINGGU , 20 MEI 2018

Kesbangpol Intens Sosialisasikan Pembubaran HTI

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 27 Mei 2017 16:21
Kesbangpol Intens Sosialisasikan Pembubaran HTI

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dalam hal ini Kesatuan Bangsa dan Polilik (Kesbangpol) Sulsel intens melakukan sosiaslisasi pasca dibubarkannya salah satu ormas Islam, Hisbut Takrir Indonesia (HTI) secara resmi.

Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Asmanto Baso Lewa, menjelaskan, Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) sudah memberikan himbauan ke gubernur, bupati/wali kota seluruh Indonesia untuk menyosialisasikan pembubaran HTI.

“HTI secara tegas pemerintah sudah cabut izinnya, tentu ada proses. Saya sudah menuyusun langkah-langkah sudah beberapa kali rapat, terakhir rapat menghadirkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Kami untuk senenatiasa mengkoordinasikan ini baik ke MUI, ormas Islam lainnya,” ungkapnya diberitakan Rakyat Sulsel, Sabtu (27/5).

Jika ada pergerakan HTI baik di provinsi maupun di daerah, maka sudah menjadi kewenangan dari pihak kepolisian untuk bisa menghimbau atau membubarkan pergerakannya.

Asmanto mengakui, jika komunikasi dengan HTI, sejauh ini bulum ada. Tapi sebagai pembina ormas, Kesbang sejak 2013 lalu sudah tidak memperpanjang izin HTI selaku ormas.

“Tapi tidak pernah ada data yang masuk, berapa jumlah orangnya. Tapi potensinya cukup besar,” jelas Asmanto. (***)


div>