RABU , 17 OKTOBER 2018

Kesuksesan Dolores O’Riordan Besama The Cranberries

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 16 Januari 2018 13:59
Kesuksesan Dolores O’Riordan Besama The Cranberries

Dolores O'Riordan. (AP)

RAKYATSULSEL.COM – Vokalis The Cranberries, Dolores O’Riordan, dengan suara vokalnya yang kuat, telah membuat band rock Irlandia Cranberries sukses secara global di tahun 1990an. Setelah membuat nama Cranberries mendunia, sayangnya, sang vokalis ditemukan meninggal tiba-tiba pada hari Senin (15/1), di sebuah Hotel Hilton di London.

Lalu bagaimana perjalanan karier Dolores O’Riordan hingga mendunia bersama The Cranberries? Dolores lahir 6 September 1971 di Ballybricken, Irlandia barat daya. Kariernya bersama The Cranberries dimulai pada tahun 1990. Ketika itu, dia mengikuti audisi band lokal yang tengah mencari vokalis utama di kota Limerick terdekat, yang kemudian disebut Cranberry Saw Us.

Perubahan nama, membuat Cranberries menjadi bintang internasional. Didominasi suara gitar dan genre rock alternatif membuat band ini semakin terkenal di tengah musik grunge yang menyerbu dunia musik saat itu. Ditambah lagi, lagu-lagu The Cranberries yang ditulis Dolores memiliki makna yang dalam dan gelap. Semakin kuat dengan karakter vokalnya yang karismatik dan unik.

Kesuksesan band ini terlihat dari penjualan fisik album mereka. Album debut Cranberries tahun 1993, Everybody Else Is Doing It, So, Why Can’t We? mampu terjual jutaan kopi dan menghasilkan hit Linger.

Album selanjutnya, No Need to Argue terjual dalam jumlah yang lebih besar lagi dengan hit Zombie. Bahkan, hit yang menyentil masalah perdamaian di Irlandia Utara yang menduduki puncak tangga lagu di beberapa negara.

Band ini kemudian merilis tiga album sebelum memutuskan bubar pada tahun 2003. Dolores melanjutkan karier bermusiknya dengan merilis album solo Are You Listening pada tahun 2007 dan No Baggage pada tahun 2009. Tetapi, Cranberries memutuskan untuk bersatu kembali tahun 2012, dengan merilis album Roses.

Kesuksaannya bersama Cranberries dan solo karier, membuat Dolores sebagai salah satu wanita terkaya di Irlandia. Tetapi, di saat yang sama, dia harus berjuang dengan masalah kesehatan fisik dan mental. Dia kabarkan mengalami depresi yang menyebabkan terlibat dalam sejumlah masalah, termasuk masalah dengan hukum.

Tak ingin kalah dengan penyakit dan masalahnya, bersama Cranberries, dia merilis album akustik Something Else pada tahun 2017 dan telah melakukan tur ke Eropa dan Amerika Utara. Sayangnya, tur ini sempat dibatalkan karena Dolores menderita masalah punggung dan tulang belakang.

Hingga akhirnya Dolores O’Riordan ditemukan meninggal dunia di Hilton Hotel London, pada Senin (15/1) waktu setempat. Tetapi, belum diketahui penyebab kematiannya.

(yln/JPC)


div>