SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Ketahuan, Media Ini Dibuat “Black Campaign” IYL-Cakka?

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 27 Maret 2018 12:20
Ketahuan, Media Ini Dibuat “Black Campaign” IYL-Cakka?

Ilustrasi (int)

MAKASSAR , RAKYATSULSEL.COM – Sejumlah portal online yang baru beredar, ketahuan diduga digunakan sebagai media black campaign untuk menyerang secara personal pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

Setidaknya ada lima portal online yang terdeteksi diduga menyerang pribadi IYL-Cakka tanpa ada konfirmasi atau perimbangan berita selama satu bulan terakhir. Diantaranya www.indoekpres.com, www.karebatakini.com, www.carnal8.com, www.nusadjaya.com dan www.portal24.online.

Dari lima portal itu, setelah dideteksi, diduga dikendalikan di luar Sulsel. Ditengarai, media ini sengaja dibuat untuk menyerang pasangan koalisi rakyat tersebut.

Selain itu, di beberapa media ini juga ketahuan sering memuat berita pencitraan salah satu kandidat. Sehingga ada kesan bagian dari skenario untuk melemahkan pasangan Ichsan-Cakka.

Berdasarkan penelusuran, portal ini juga tidak memiliki struktur redaksi yang jelas, maupun alamat yang valid layaknya media profesional lain. Termasuk wartawan, redaktur dan pimpinannya.

Anehnya, berita sepihak yang dimunculkan dimassifkan penyebaran linknya ke sejumlah group pilkada di media sosial, termasuk di group WhatsApp.

Dikonfirmasi terkait ini, Juru Bicara IYL Cakka, Henny Handayani, memilih tidak ingin menanggapi serius beredarnya portal yang diduga abal-abal itu. Alasannya, publik bisa tahu mana informasi yang layak dikonsumsi dan tidak. (*)


div>