SELASA , 23 OKTOBER 2018

Ketua KPU Sulsel: Real Count KPU via Portal Jadi Acuan Kontrol dan Transparansi

Reporter:

Arman

Editor:

Ridwan Lallo

Jumat , 29 Juni 2018 14:49
Ketua KPU Sulsel: Real Count KPU via Portal Jadi Acuan Kontrol dan Transparansi

int

PAREPARE, RAKSUL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis data hasil penghitungan cepat berdasarkan entri model C1 atau real count melalui portal resmi KPU RI, yang diakses di website infopemilu.kpu.go.id, Jumat, (29/6/2018) dini hari. 

Dari data tersebut keunggulan pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare diraih pasangan calon (paslon) Taufan-Pangerang (TP) dengan perolehan suara 39.965 atau 51,19 persen. 

Sementara paslon nomor 2, Faisal-Asriadi (FAS) memperoleh total suara, 38.111 atau  48,81 persen. Selisih suara sebesar 1.854 atau 2,38 persen. Total suara sah yang terekap 78.076.

Saat ditanya soal real count melalui website resmi KPU RI ini, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Misna Attas, mengatakan, data real count tersebut merupakan acuan kontrol, guna mengetahui hasil Pilkada Serentak 27 Juni 2018 secara cepat dan transparan. 

“Kalau ada kesalahan penjumlahan atau tulis akan diperbaiki pada rekapitulasi tingkat kecamatan. Namun ini adalah acuan kontrol sebagai bentuk transparansi untuk masyarakat,” ujarnya via phone, Jumat, (29/6/2018).

Kendati demikian, data hasil pada hitung cepat berdasarkan entri Model C1 merupakan hasil sementara tidak, dan tidak bersifat final. 

“Jika terdapat kesalahan pada model C1 akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi di tingkat atasnya,” ulangnya lagi.

Terpisah, Ketua KPU Parepare mengungkapkan, real count tersebut belum bersifat final, namun hasil real count tersebut merupakan entri C1 ke KPU.

“Hasil yang ada di web hari merupakan hasil real yang disetor C1 ke KPU,” tutup Nur Nahdiyah. (*)


div>