RABU , 21 NOVEMBER 2018

Ketua MPR: Kepala Daerah Harus Pancasilais, Jangan Seenaknya Gusur Rakyat

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 06 Maret 2017 13:08
Ketua MPR: Kepala Daerah Harus Pancasilais, Jangan Seenaknya Gusur Rakyat

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. foto: net

JAKARTA – Semua kepala daerah diimbau untuk tetap memegang teguh 4 pilar bangsa, yakni Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Imbauan itu sebagaimana diutarakan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menyampaikan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di hadapan Badan Koordinasi Pimpinan Masyarakat Paguyuban Sumatera Bagian Selatan di Gedung Nusantara V, Senayan, Jakarta, Senin (6/3).

Imbaun tersebut disampaikan Zulkifli Hasan mengingat saat ini ada kepala daerah yang memimpin tanpa mencerminkan sikap-sikap pancasilais.

“Misalkan menggusur rumah rakyat seenaknya, itu bukan pancasilais dan melanggar UU,” tegas ketua umum PAN itu.

Ia mencontohkan sikap pancasilais yang pernah ditunjukkan Presiden Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Walikota Solo. Saat itu, relokasi yang dilakukan Jokowi didahului sebuah melalui dialog, sehingga warga yang direlokasi tidak marah dan justru senang.

“Buktinya, saat Presiden Joko Widodo masih menjadi Wali Kota Solo dulu, ketika hendak menggusur pasar,” lanjutnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut lima gubernur dari provinsi yang ada di wilayah Sumatera bagian selatan, yaitu Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Gubernur Provinsi Bengkulu Ridwan Mukti, Gubernur Provinsi Jambi Zumi Zola Zulfikar, Gubernur Provinsi Lampung Ridho Ficardo, dan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Alex Noerdin yang diwakili Wakil Gubernur Syahrial Oesman.

Selain itu, bupati/walikota beserta rombongan masing-masing juga ikut hadir dalam acara ini. Hadir juga ketua kunjungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Muhammad Saleh. (rmol)


div>