JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Ketua PKK Lutim Masih Kesulitan Memotivasi Warga

Reporter:

Editor:

dedi

Jumat , 07 April 2017 18:04
Ketua PKK Lutim Masih Kesulitan Memotivasi Warga

int

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Luwu Timur, Puspawati Husler mengatakan kendala terberat yang dihadapi tim Penggerak PKK Lutim dalam mewujudkan program Dasarwisma adalah memotivasi warga.

Kaum ibu masih menganggap dasawisma belum memiliki manfaat buat mereka. Itu terjadi akibat kurangnya informasi yang mereka terima, Demikian dikatakan Puspa Wati ,Jumat (7/4)

Menurut Puspawati, tahun ini ia fokus pada program dasawisma. Dimana kelompok Dasawisma di kampung-kampung harus di hidupkan lagi. Dimana setiap rumah warga harus punya apotik hidup.

Ini sangat penting agar warga paham banyak tanaman herbal bisa di tanam diperkarangan rumah dan bermanfaat bagi kesehatan.

“Saya contohkan kumis kucing, kunyit dan jahe itu adalah obat herbal , dengan menanam tumbuhan itu maka anggota Dasawisma bisa menjadikannya sebagai obat untuk kesehatan tubuh,” ujarnya

Kecendrungan warga berpikiran, setelah sakit baru mereka cari obat di apotik atau ke puskesmas,padahal untuk sehat mereka bisa melakukan pencegahan dini lewat tanaman herbal .

Namun selama setahun turun kelapangan mengajak kaum ibu , perlahan tapi pasti warga mulai bergerak dan membentuk dasawisma di setiap dusun. Bahkan mereka sudah banyak yang menanam tumbuhan herbal di perkara gan rumah mereka .

Selain itu kelompok PKK Lutim juga kerap melakukan sosialisasi pengendalian kelahiran dan kesehatan keluarga. Hal ini dilakukan agar angka kelahiran di dalam rumah tangga bisa diatur.

“Kalau tidak mau ber KB mereka harus punya kiat mengatur jarak angka kelahiran. Yang jelas semua program PKK harus bisa mendukung program daerah sehingga bisa sejalan .


div>