SELASA , 19 DESEMBER 2017

Ketua REI Harus Selesaikan Permasalahan Anggota

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 27 September 2017 22:08
Ketua REI Harus Selesaikan Permasalahan Anggota

Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) DPD REI Sulsel HA Idris Manggabarani (kanan) berbincang santai dengan Direktur Utama Indonesia Mitra Bersama (IMB) Property A Rahmat Manggabarani di Four Points by Sheraton Makassar, Rabu (27/9).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Musyawarah Daerah (Musda) XII Dewan Pengurus Daerah (DPD) Realestat Indonesia (REI) Sulsel akan dilaksanakan 9 Oktober 2017 mendatang di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar. Agenda utamanya adalah pemilihan Ketua DPD REI Sulsel periode 2017-2020.

Direktur Utama Indonesia Mitra Bersama (IMB) Property, A Rahmat Manggabarani, Rabu (27/9), menilai, Ketua DPD REI Sulsel nantinya memenuhi sejumlah kriteria. Salah satu diantaranya adalah mampu membela atau memfasilitasi kepentingan anggota. Termasuk tidak menggunakan organisasi untuk kepentingan pribadi.

“Sudah menjadi standar organisasi, termasuk di REI Sulsel. Ketua itu harus mendahukan kepentingan organisasi dibandingkan kepentingan pribadi. Dalam hal ini developer (pengembang) anggota REI harus dimediasi dengan stakeholder atau mitra kerja, seperti dengan perbankan, pemerintah, PLN, PDAM, BPN, dan lainnya,” terang Rahmat.

Rahmat mengatakan, ketua yang ada harus memfasilitas dan menyelesaikan masalah yang kerap dialami anggota REI di lapangan. Misalnya, sertifikat tanah, dari lama pengurusannya menjadi lebih cepat. Kalau ribet jadi mudah.

“Artinya ada standarisasi waktu dan biaya yang disepakati dengan BPN selaku instansi yang membawahi masalah sertifikat tanah. Termasuk pula permasalahan dengan stakeholder lainnya,” jelas Rahmat.

Rahmat mengatakan, REI Sulsel saat ini juga sangat membutuhkan kaderisasi kepemimpinan. Apalagi, sejumlah figur dinilai dapat memimpin organisasi tempat berhimpunnya para developer di Sulsel ini.

“Biarkankan kaderisasi berjalan, yaitu dengan melahirkan figur muda yang sportif dan enerjik,” jelasnya.

Sementara, Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) DPD REI Sulsel, HA Idris Manggabarani, mengatakan, calon Ketua REI Sulsel harus mampu mengayomi seluruh anggota dan meningkatkan bisnis anggota.

“Ketua itu harus mengayomi dengan cara memberikan solusi dan menyelesaikan jika ada persoalan yang dialami anggotanya di lapangan. Termasuk meningkatkan bisnis anggotanya, sebab dengan berorganisasi diharapkan memberikan nilai tambah bagi bisnis yang dimiliki,” jelas mantan Ketua DPD REI Sulsel ini. (*)


div>