SENIN , 18 JUNI 2018

Ketua RT/RW Baru Dilantik 8 juli

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 02 Juni 2017 17:05
Ketua RT/RW Baru Dilantik 8 juli

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Bagian Pemberdayaan Masyarakat Sekretariat Kota Makassar akhirnya menetapkan jadwal pelantikan ketua rukun tetangga dan warga (RT/RW) secara serentak pada Sabtu, 8-Juli-2017 mendatang.

Sebelumnya jadwal pelantikan direncanakan berlangsung Minggu (21/5) lalu, namun diundur. Sedikitnya 5.969 ketua RT/RW akan dilantik di Lapangan Karebosi, Jalan Ahmad Yani.

“Insya Allah, tanggal 8 Juli di lapangan Karebosi pelaksanaannya. Kemarin diundur karena masih ada RT/RW yang belum menyerahkan ukuran baju seragam,” jelas Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat, Muh Iskandar Lewa, Jumat (2/6).

Prosesi pelantikan Ketua RT/RW ini rencananya akan dirangkaian dengan Salat Subuh Berjamaah dikemas dengan konsep Halal bi Halal atau silaturahmi pasca perayaan Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Sekaligus juga dirangkaikan dengan pengukuhan Penasehat Walikota Kota untuk membantu kerja-kerja RT/RW,” jelas pria yang akrab disapa Daeng Emba ini.

Penasehat walikota ini adalah mereka yang tidak terpilih saat pemilihan kemarin, yang kemudian di SK-kan Pak Wali untuk membantu kerja-kerja RT/RW. Selain itu, juga ada pelantikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di 153 wilayah kelurahan, yang baru dipilih oleh Ketua RT/RW.

“Penasehat Walikota Kota yang jumlahnya kurang lebih 3.919 orang juga diundang,” ujarnya.

Mengenai, pemanfaatan smartphone sebagai pendukung kerja masing-masing Ketua RT/RW, Daeng Emba mengaku jika pembagiannya merupakan kewenangan Bagian Perlengkapan Pemkot Makassar.

[NEXT-RASUL]

“Setahu saya saat ini sementara dalam proses lelang tender di bagian perlengkapan. Smartphone tersebut nantinya merupakan alat kerja oleh ketua RT/RW yang diisi dengan aplikasi Smart RT/RW,” terangnya.

Namun, menurutnya, penggunaan Smartphone tersebut akan didahului dengan penjelasan terkait penggunaan aplikasinya. Olehnya itu, pihaknya akan mengupayakan berkoordinasi dengan para camat, sehingga pelaksanaannya (sosialisasi) di setiap kecamatan dapat dilaksanakan pasca pengukuhan nanti.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Syafran Dg Romo menambahkan, jika saat ini pihaknya tengah mencetak undangan pelantikan untuk distribusikan.

“Sementara lagi dicetak undangannya, secepatnya dibagikan didrop ke kecamatan karena keterbatasan personil, termasuk undangan penasehat walikota,” ujarnya.

Adapun rangkaian proses pelantikan nanti bakal diisi dengan kegiatan ceramah agama yang rencananya akan diisi oleh da’i kondang Ustad Maulana, kemudian juga arahan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto terkait tugas dan fungsi masing-masing.


div>