RABU , 12 DESEMBER 2018

Ketua Srikandi LMP Sulsel Kunjungi Arianti Penderita Hidrosefalus

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

RRS

Minggu , 11 Maret 2018 18:27
Ketua Srikandi LMP Sulsel Kunjungi Arianti Penderita Hidrosefalus

Ketua Srikandi LMP Sulsel Rasmi Ridjang Sikati memperhatikan tangan Arianti, yang menderita penyakit hidrosefalus

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Srikandi Laskar Merah Putih (LMP) Markas Daerah (Mada) Sulawesi Selatan mengunjungi gadis penderita hidrosefalus, Arianti (16) di Jl Abdullah Dg Sirua Lorong 11, Kecamatan Panakukang, Makassar, Minggu (10/3).

Ketua Srikandi LMP Mada Sulsel, Rasmi Ridjang Sikati mengungkapkan, kunjungan itu untuk memberi support dan dukungan moril kepada keluarga korban.

“Kami bersama Srikandi LMP Sulsel datang memberikan suppor dan dukungan moril.Sebagai rasa empati. Apalagi penyakit hidrosefalus ini sangat langka,” ujar Inka, sapaan Rasmi Ridjang Sikati.

Inka yang juga Ketua Pemberdayaan Perempuan BM PAN Sulsel ini menambahkan, dirinya juga ingin mendengar langsung dari keluarga korban kenapa tidak ingin dirawat di rumah sakit padahal pihak Dinas Kesehatan sudah pernah datang memberikan bantuan dan permintaan ditangani di rumah sakit.

Seperti diketahui, penyakit ini diderita Arianti sejak lahir. Perempuan ini hanya bisa pasrah dan tidur di kamar bercat oranye atau sesekali digendong ke ruang tengah oleh sang nenek Agustin (70).

Perawatan yang diterima Arianti juga hanya sebatas perawatan di rumah, yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar melalui layanan Home Care Dinas Kesehatan.

Ibunda Arianti, Dg Siaku, mengaku hanya pasrah dengan kondisi anaknya. Berbagai pengobatan telah dilakukan. Anaknya, Arianti, juga sering memberi isyarat menolak masuk di rumah sakit karena takut dengan alat medis seperti suntik.

Hidrosefalus adalah penumpukan cairan pada rongga otak atau yang disebut dengan ventrikel. yang mengakibatkan ventrikel-ventrikel di dalamnya membesar dan menekan organ tersebut.

Cairan ini akan terus bertambah sehingga ventrikel di dalam otak membesar dan menekan struktur dan jaringan otak di sekitarnya. Jika tidak segera ditangani, tekanan ini dapat merusak jaringan dan melemahkan fungsi otak.

Turut hadir mengunjungi pengurus Srikandi LMP Mada Sulsel, Ketua Harian Pamil Abbas, danĀ  Komandan Pasukan Srikandi Lina


Tag
  • Srikandi LMP
  •  
    div>