JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Ketua Umum PJI Peroleh Penghargaan Tokoh Kebudayaan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 23 Juli 2018 21:00
Ketua Umum PJI Peroleh Penghargaan Tokoh Kebudayaan

Ketua Umum PJI, Imam Prihadiyoko, mendapat penghargaan sebagai Tokoh Kebudayaan dari International Film Festival (Environment, Health and Culture), Senin (23/7). foto: ist for rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Ketua Umum Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI), Imam Prihadiyoko, mendapat penghargaan sebagai Tokoh Kebudayaan dari International Film Festival (Environment, Health and Culture), Senin (23/7). Penyerahan penghargaan dilakukan di Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta.

Direktur International Film Festival, Damien Dematra, mengatakan, penghargaan ini diberikan atas kepedulian sebagai jurnalis yang terus menulis tentang budaya, khususnya film.

“Tidak banyak jurnalis yang tekun menulis dan mengikuti perkembangan film dan budaya di Indonesia. Kebudayaan Indonesia yang amat beragam perlu dijadikan bagian kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Sementara, Imam Prihadiyoko, mengatakan, penghargaan ini merupakan pengakuan atas kerja jurnalis. Penghargaan ini merupakan langkah untuk terus menyemai peradaban Indonesia yang berkemajuan.

“Kita tidak ingin kebudayaan Indonesia hilang. Kebudayaan tradisional yang menjadi kekayaan Indonesia perlu kita angkat dan jadikan bagian kehidupan kita,” ujarnya.

Saat ini, banyak pihak yang ingin mengambil bagian-bagian kebudayaan Indonesia. Seperti tari tradisional, musik, batik, bahkan bahasa, film, dan foto tentang Indonesia.

“Bayangkan, film karya sineas Indonesia lama yang menjadi tonggak sejarah Film Indonesia, seperti karya Usmar Ismail, Djamaluddin, dan lainnya, banyak yang tidak terawat dengan baik. Belum banyak yang tertarik untuk merestorisasi film-film Indonesia lama. Itu juga bagian dari diri kita,” ujarnya.

“Ini menjadi bagian tugas jurnalis untuk terus mengingatkan dan menjaga budaya Indonesia,” tambahnya. (****)


div>