SELASA , 23 OKTOBER 2018

Kisah Mengharukan, Siswi SMA 13 Luwu Timur Ini Ingin Jual Ginjal untuk Operasi Mata

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 20 September 2017 10:30
Kisah Mengharukan, Siswi SMA 13 Luwu Timur Ini Ingin Jual Ginjal untuk Operasi Mata

Maria Ulfa.

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Namanya Maria Ulfa. Siswi SMA 13 Luwu Timur ini harus berjuang keras untuk mendapatkan kembali penglihatannya. Ia bahkan rela menjual ginjalnya, agar bisa menjalani operasi mata.

Lahir dari keluarga tidak mampu, membuat Maria tidak memiliki banyak pilihan. Ayahnya, Damanhur, hanya bekerja sebagai pembersih pasar jika ada warga yang meminta.

Saat duduk di bangku kelas III SMP, mata kiri Maria tertusuk ranting kayu. Ia hanya bisa pasrah, dan mengandalkan mata kanannya. Perlahan-lahan, mata kanannya pun mengalami gangguan. Maria terancam buta total.

Putus asa, anak kedua dari lima bersaudara ini mengambil jalan pintas. Maria mengumumkan untuk menjual ginjalnya. Baginya, menjual ginjal adalah satu-satunya jalan yang ia bisa tempuh agar bisa menjalani operasi mata.

“Saya sudah tulis surat terbuka, siapa saja mau beli ginjal, saya mau jual. Asal cukup untuk biaya operasi mata,” kata Maria, Selasa (19/9).

Kini, Maria tak perlu menjual ginjalnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur langsung memberikan respon, dan membawa Maria ke Rumah Sakit (RS) Wotu untuk menjalani operasi mata. Ia bahkan diantar langsung Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam.

Maria juga didampingi ayahnya, Damanhur. Di rumah sakit, sejumlah tenaga medis ahli mata sudah menunggu. Sebelum dioperasi, pihak rumah sakit langsung memeriksa kondisi kedua mata Ulfa. Dari hasil pemeriksaan, mata sebelah kanan sudah rabun total dan sebelah kiri masih bisa melihat tapi jarak dekat.


div>