SENIN , 22 OKTOBER 2018

KKN-E Unifa Desa Enrekeng Gelar Seminar Pemanfaatan Sekam Padi jadi Beton

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 14 September 2017 21:20
KKN-E Unifa Desa Enrekeng Gelar Seminar Pemanfaatan Sekam Padi jadi Beton

Kades Enrekeng, Asdar saat membawakan sambutan serta membuka acara seminar beton dari sekam padi

SOPPENG, RAKYATSULSEL.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Entrepreneur (KKN-E) Universitas Fajar (Unifa) Makassar posko Desa Enrekeng, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng menggelar seminar pemanfaatan sekam padi menjadi bahan tambahan beton di balai pertemuan kantor Desa Enrekeng, Kamis (14/9) malam.

Koordinator Desa Enrekeng KKN-E Unifa, Muh Farhan Junaedi, menuturkan kegiatan seminar yang digelar ini merupakan salah satu Program Kerja (Proker) yang diharapkan mampu mengedukasi masyarakat cara mengolah sekam padi menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Lanjut Mahasiswa Teknik Sipil Unifa ini, ide pengolahan sekam padi menjadi bahan tambahan beton berawal dari banyaknya sekam padi yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga, ia bersama rekan-rekan seposkonya berinisiatif mengolah sekam padi tersebut untuk menjadi barang yang lebih bersifat ekonomis.

“Seminar ini bertujuan untuk mengedukasi warga bahwa sekam padi yang selama ini hanya sekedar dibuat sebagai pakan ternak dan pupuk, tetapi juga bisa dibuat sebagai bahan tambah beton yang memiliki nilai ekonomis,” terang Farhan.

Sementara itu, Kepala Desa Enrekeng, Asdar, yang turut hadir dalam seminar ini sangat mengapresiasi apa yang menjadi proker dari mahasiswa KKN-E Unifa. Ia mengakui bahwa, pengolahan sekam padi menjadi campuran beton sangat menarik, pasalnya, kata dia, selama ini sekam padi di Desa Enrekeng lebih hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

“Ini cukup memarik karena saya juga baru tau kalau sekam bisa dicampur-campur jadi beton. Karena selama ini sekam padi hanya untuk pakan ternak saja. Jadi memang perlu pembinaan untuk hal seperti ini,” terang Asdar. (*)


div>