SENIN , 20 NOVEMBER 2017

KKSS Eropa Gelar Gebyar Budaya Sulsel di Belanda

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 03 Juli 2017 20:42
KKSS Eropa Gelar Gebyar Budaya Sulsel di Belanda

int

RakyatSulsel.com – Pada tanggal 1 Juli 2017, KKSS EROPA kembali akan menguncang Belanda melalui kegiatan gebyar budaya Sulawesi Selatan dan milad 1 tahun berdirinya KKSS EROPA. Acara tersebut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja, pengurus KKSS EROPA Paris, koordinator wilayah KKSS Jerman, koordinator wilayah Spanyol, dan tokoh masyarakat Sulsel Prof.Dr.dr.A.Asadul Islam,S.PBS (Dekan Fakultas Kedokteran Unhas).
Busana dan pernak pernik adat Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar mewarnai seluruh rangkaian acara. Meskipun bernuasa budaya namun lagu Indonesia Raya mengawali rangkaian acara menyusul lagu mars KKSS.
Jamaluddin Jahid selaku pendiri KKSS EROPA dalam sambutan mengucapkan terima kasih kepada Dubes RI untuk kerajaan Belanda dan seluruh warga Belanda atas apresiasi dan dukungannya  terhadap warga KKSS selama ini.
“Yakinlah dukungan dan apresiasi tersebut tidak akan kami sia-sia untuk kemajuan bangsa terkhusus Sulsel. Gedung De Brug yang penuh sesak menjadi bukti bahwa orang Sulsel jika diberi amanah yakinlah “dek na pakasirikki” (tidak akan mengecewakan), kami menjaga amanah leluhur Siri’ na Pacce”. Semoga suguhkan seni, budaya dan kuliner dapat memberi kesan dan pesan buat warga di Belanda dan tamu undangan. Datanglah ke Sulsel untuk melengkapi pengetahuan, yakinlah  tidak akan menyesal,” terangnya.
Dubes RI untuk Kerajaan Belanda pada sambutanya menyatakan rasa bangga kepada panitia atas terselenggaranya gebyar budaya Sulawesi Selatan yang berlangsung sukses dan meriah. Ciri-ciri warga Sulsel adalah perantau, teguh menjaga adat leluhur dan kokoh memelihara tali persuadaraan. Berdirinya KKSS EROPA menjadi bukti teguhnya persaudaraan diantara perantau warga di Sulawesi Selatan. Hal ini sangat mendukung kemajuan bangsa Indonesia lebih khusus bagi Sulsel.
“Saya sangat terkesan dengan mars dengan kalpada lao tappada upe” (kita sama merantau tapi rejeki kita tidak selamanya sama),” terangnya.
Gelar budaya menampilkan beragam tarian daerah diantaranya tarian Bosara, Pa’gellu, Mappadendang, Pa’pangngan, dan Tarian 4 Etnis (Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar), lagu daerah oleh Harry Mantong (Finalis Indonesian Idol), fashion show pakai empat etnis, dan pagelaran pernikahan adat bugis. Para penonton berdecak kagum dan terpesona mulai pukul 17.00 – 23.00 menyaksikan kekayaan budaya Sulsel yang dikemas apik oleh panitia. Duta Besar RI tak meninggalkan tempat hingga acara berakhir bahkan  menyumbangkan beberapa lagu dan ikut menikmati tarian Ma’dero dan berjoget  bersama peserta.[NEXT-RASUL]

Keharuan semakin terasa ketika kue tart bermotif logo KKSS muncul di tengah-tengah pada tamu, lalu MC mempersilahkan Jamal Jahid memotong kue ulang tahun dan menyerahkan kepada duta besar yang didampingi oleh pengurus KKSS. Lagu selamat ulang tahun menggema dalam gedung De Brug dibarengi teriakan selamat ulang tahun KKSS EROPA jayalah selalu dan berbaktilah pada negerimu.
Herlina Zain selaku ketua panitia menyebutkan bahwa kegiatan ini ikut mempromosikan potensi daerah lebih khusus obyek daya tarik wisata daerah. Lanjut Lina, kemungkinan ada kendala teknis sehingga Pemprov Sulsel dan pemda belum ada yang sempat terlibat.
“Semoga masa-mendatang bisa ikut serta,” harapnya.
Kegiatan gebyar budaya di dukung  pihak NV Haji Kalla, Hotel Clarion, Makassar Golden Hotel (MGH), Bunaken Sea Garde Manado, Villa Bacho Parerena Bali dan Redjeki Restauran dan toko Belanda yang telah memberikan door prize tiket menginap dan dinner.
KKSS EROPA bertekad mengenalkan budaya Sulsel di seluruh benua Eropa. Setelah Perancis dan Belanda, rencana tahun depan dilaksanakan di Jerman tahun 2018. Ambisi ini demi menarik kunjungan wisatawan ke Indonesia khususnya Sulsel. Ini akan mudah direalisasikan jika pemerintah ingin diajak bekerja sama.

Tag
  • KKSS
  •  
    div>