MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

KNPI Dan Polres Luwu Utara Gelar Seminar Kebangsaan

Reporter:

Haerul

Editor:

Lukman

Minggu , 10 Juni 2018 20:30
KNPI Dan Polres Luwu Utara Gelar Seminar Kebangsaan

Tampak Irjen Pol hamidin bersama dengan Kapolres Luwu Utara AKBP Boyke FS Samola dan ketua KNPI Luwu Utara Suharto.

MASAMBA,RAKYATSULSEL.COM – Seminar Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila dan Hari Bhayangkara ke-72 dibuka resmi oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, yang digelar di lapangan tamsis Masamba, Sabtu (9/6) kemarin.

Seminar kebangsaan yang diadakan oleh Polres Luwu Utara yang bekerjasama dengan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Luwu Utara, Pemerintah Daerah serta Kodim ini mengangkat tema “Mengantisipasi Radikalisme dan Terorisme”.

Hadir dan bertindak selaku narasumber dalam giat itu yakni Deputi III Bidang Kerjasama Internasional BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) Irjen Pol Drs. H. Hamidin, yang pernah menjabat sebagai Kapolres pertama di Kabupaten Luwu Utara.

Dalam kesempatan itu, H Hamidin memaparkan banyak hal tentang ancaman bahaya radikalisme serta ideologi terorisme, termasuk penanganan perkembangan terorisme serta gerakannya di wilayah Negara Kedaulatan Republik Indonesia.

“Penanganan masalah teroris ini, idealnya harus ditangani bersama, semua harus konsen terhadap penanganan terorisme. Semua harus bersatu termasuk para pemuda karena penangan terorisme merupakan gerakan mengedapankan hak asasi manusia,” paparnya.

Hamidin juga menuturkan bahwa hingga saat ini, pemerintah sudah melakukan penindakan tegas terhadap aksi terorisme. Menurutnya dari tahun ke tahun, pemerintah serius menangani masalah teroris.

“Saat ini, pemerintah sudah melakukan penindakan tegas yang luar biasa, sejak tahun 2000 sampai hari ini, sebanyak 1534 orang teroris yang sudah ditangkap. Ini terbesar di dunia. Kemudian kita mampu membongkar jaringan generasi pertama sampai generasi keempat Negara Islam Indonesia atau yang sering disebut Darul Islam. Terakhir jamaah Islamiyah Indonesia kita mampu membongkar itu,” jelas Hamidin.

“Selain melakukan penegakan hukum, kita juga lakukan pendekatan lunak terhadap terduga teroris maupun keluarganya. Kita juga melakukan program deradikalisasi yang luar biasa dengan para mantan mantan teroris yang sudah menjalani hukuman di negara kita,” tambahnya.

Tak hanya itu, Deputi III Bidang Kerjasama Internasional BNPT ini juga mengapresiasi Kapolres Luwu Utara dan KNPI Luwu Utara yang sudah menginisiasi terlaksananya kegiatan seminar kebangsaan ini.

“Secara pribadi maupun dinas, saya sangat berterima kasih dengan terselenggaranya kegiatan seperti ini. Dengan begitu, kita bisa memberikan pencerahan tentang bagaimana bahayannya radikalisme serta ideologi terorisme di lingkungan kita,” tutup Irjen Pol Drs H. Hamidin.

Sebelumnya, turut hadir dalam acara ini antara lain, Wakil Bupati Luwu Utara, Muh. Thahar Rum, Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola, Sekretaris Daerah, Abd Mahfud, Dandim 1493/SWG Letkol Inf. M Imasfy, Ketua KNPI Luwu Utara Suharto, para Ketua OKP, PJU Polres Luwu Utara serta sejumlah undangan. (*)


div>