JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Kodam Ciptakan Alat Komunikasi Antar Pulau

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 16 Maret 2017 10:20
Kodam Ciptakan Alat Komunikasi Antar Pulau

Ilustrasi. foto: jpnn

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka meningkatkan komando dan pengendalian unsur pimpinan, Kodam VII/Wirabuana menciptakan radio repeater ROIP GSM. Radio repeater ini dapat mengintegrasikan antara Radio HT Roip GSM dengan radio HT UHF yang sudah dimiliki selama ini.

“Radio HT Roip GSM ini berbasis internet protokol, yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antar pulau bahkan sampai ke luar negeri, dengan catatan tersedianya sinyal 3G GSM,” terang Kepala Penerangan (Kapendam) Kodam VII/Wirabuana, Kolonel Infantri Alamsyah, diberitakan Rakyat Sulsel, Kamis (16/3).

Fasilitas ini, lanjut dia, sangat membantu unsur pimpinan yang mempunyai mobilitas tinggi, baik di dalam wilayah Kodam VII/Wirabuana, ataupun saat bertugas ke luar kota bahkan luar negeri. Pimpinan tetap dapat mengendalikan staf dan pasukannya di homebase melalui radio HT ini.

Pengembangan radio HT berbasis internet protokol ini digagas oleh Kahubdam VII/Wirabuana, Kolonel Chb Fitry Taufiq Sahary, dengan tujuan untuk menciptakan sistem komando dan kendali yang sangat efektif dan efisien.

“Karena saat ini masih adanya kesulitan di bidang komunikasi yang masih sangat terbatas, dihadapkan dengan luas wilayah tanggungjawab Kodam yang sangat luas,” ungkapnya.

Menurutnya bila dihadapkan dengan sistem komunikasi konvensional, maka dibutuhkan repeater dan radio link yang sangat banyak, sehingga menjadi tidak efektif dan efisien.

Kegiatan rekayasa teknis ini dilakukan para personel teknisi prajurit perhubungan di bengkel Hubdam VII/Wirabuana di jalan Cenderawasi nomor 420 Makassar. (***)


div>