SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Kodam XIV Hasanuddin Tanam Semangat Kebangsaan ke Maba UMI

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Kamis , 30 Agustus 2018 13:23
Kodam XIV Hasanuddin Tanam Semangat Kebangsaan ke Maba UMI

Jpeg

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Mahasiswa sebagai generasi penerus, wajib memiliki semangat kebangsaan. Hal tersebut diutarakan Staf Ahli Bidang Hukum dan Humaniter, Pangdam XIV Hasanuddin, Kol inf Andi Suyuti Bakti, saat memberikan materi wawasan kebangsaan, ke ratusan maba UMI, di Pesantren Darul Mukhlisin, Padang Lampe, kamis (30/08).

Menurutnya, pemahaman kebangsaan memang sangat penting, terlebih pada momentum mahasiswa baru. Dimana rasa nasionalis serta cinta tanah air termasuk fungsi sebagai warga negara, harus dipupuk lebih awal.

“Diawal ini sangat penting dalam menumbuhkan sikap positif, dan kita ajak adik adik ini, bisa mencintai NKRI, agar mereka paham dan tahu fungsinya sebagai warga negara”, jelas Andi Suyuti.

Mantan Kepala Penerangan Daerah Militer, era Kodam VII Wirabuana tersebut, bahkan mengapresiasi langkah UMI Makassar dalam membina mahasiswa melalui pesantren kilat. Apalagi UMI dinilai satu-satunya perguruan tinggi yang menerapkan program tersebut.

“Saya akui langkah UMI dalam menumbuhkan karakter mahasiswanya, pesantren maba Ini sangat positif, karena selain ada ilmunya, dan terpenting mampu meningkatkan iman dan taqwa, ini sangat positif,” jelas Andi Suyuti dhadapan ratusan maba Fakultas Hukum UMI.

Terpisah Rektor UMI Makassar, Prof. Basri Modding dalam sambutannya pada pesantren maba yang telah memasuki gelombang ke 3 tersebut mengatakan, jika visi UMI bagaimana menciptakan mahasiswa berilmu amaliah, dan beramal ilmiah. Serta berakhlakul karimah, sehingga selalu mengingat Allah, disetiap aktifitas.

“Saya berharap dengan pesantren kilat ini, Bagaimana menghasilkan sarjana beriman, beramal, dan berilmu serta manusia berkarakter, kita sambut maba kita dengan menanamkan akhlak mulia,” jelas Basri Modding.

Pada pesantren maba gelombang ke 3 tersebut, sebanyak 819 mahasiswa dari fakultas Hukum, akan ditempa selama 2 hari 2 malam. Mereka diajarkan nilai nilai keagamaan, serta penanaman akhlak mulia. (*)


Tag
div>