SENIN , 16 JULI 2018

Kominfo Parepare Terapkan Persuratan Online Lintas SKPD

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 18 Februari 2016 17:12
Kominfo Parepare Terapkan Persuratan Online Lintas SKPD

Kepala Dinas Kominfo, H Iwan Asaad saat membuka surat dan arsip surat secara online melalui email dan webserver pareparekota.go.id, Kamis (18/2).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Parepare menjadi pilot project setelah selama dua tahun terakhir, berhasil menerapkan sistem persuratan dan pengarsipan online.

Setelah berhasil menerapkan program tersebut, kini Kominfo menjadi percontohan dalam inovasi penerapan persuratan online lintas SKPD. Menurut Kepala Dinas Kominfo, H Iwan Asaad, Kamis (18/2), inovasi tersebut merupakan bagian dari program smart city. Dengan program tersebut, selain hemat kertas, para SKPD tak perlu menghabiskan waktu ke luar kantor hanya untuk mengantar surat saja, namun cukup melalui aplikasi email pareparekota.go.id yang telah dimiliki semua SKPD sehingga persuratan dapat dilakukan secara online.

“Sudah tidak ada lagi lewat surat, dan istilah hujan atau sebagainya, cukup mengirim melalui email Pareparekota.go.id maka surat SKPD bisa diterima dan ditindaklanjuti,” beber Iwan.

Selain itu, dengan sistim ini dapat pula memudahkan para kepala SKPD yang sedang melakukan perjalanan dinas di luar kota, sistem ini dapat diterapkan di mana saja, kapan saja dengan menggunakan android. “Selain persuratan, kita juga punya inovasi pengarsipan online melalui web server, jadi semua surat-surat dapat dilihat secara online dan sangat mudah ditemukan , di manapun kita berada,” tambahnya.

Nampaknya, kantor yang memiliki segudang inovasi berbasis online ini tak sampai di situ saja, tahun inovasi ini juga diprogramkan absensi online untuk memantau kehadiran bawahannya, “Tahun ini, kami juga punya inovasi program rekomendasi izin tower secara online. Jadi misalnya ada investro yang mau memasang tower, cukup melakukan secara online, tanpa harus mengeluarkan waktu dan uang ke Parepare, nanti setelah semua pemberkasannya rampung, barulah ke Parepare,” ujar Mantan Kabag Humas Setdako Parepare ini.

Tak hanya, menaungi radio Peduli sebagai LPPL pertama mendapat izin penyiaran di Sulsel, Iwan juga berhasil mengantarkan radio memperoleh penghargaan di KPID Award selama tiga tahun berturut-turut dengan kategori inpiring program, berita terbaik, dan program siaran terbaik.


div>