SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Kominfo Rencana Pasang Wifi Gratis di Sekolah

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 10 Februari 2018 11:30
Kominfo Rencana Pasang Wifi Gratis di Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Ismunandar. foto: suryadi maswatu/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSUL SEL.COM- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar memberikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Makassar atas rencana pemberian fasilitas wifi gratis ke sepuluh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Makassar.

Kepala Disdik Makassar, Ismunandar mengapresiasi rencana tersebut karena saat ini ujian di SMP sudah menerapkan UNBK jadi memang harus ditunjang oleh jaringan internet.

“Jadi kita berharap wifi ini bisa meningkatkan kualitas belajar siswa. Apalagi saat inikan sudah diterapkan ujian berbasis komputer, jadi semua serba online mulai dari ujian semester, harian dan nasional,” kata Ismunandar, Jumat (9/2) kemarin.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Ade Ismar mengatakan pihaknya tahun ini menerima 20 bantuan wifi gratis dari provider, 10 titik sebelumnya sudah dipasang di kantor balaikota, dan 10 titik lainnya akan disebar di beberapa SMP di Makassar.

“Kita sudah melakukan tahap survei, kita juga sudah koordinasi dengan pihak provider dan membahas tentang kira-kira nanti apa user dan SSIDnya,” kata Ade

Lanjutnya, SMP yang nantinya mendapatkan bantuan fasilitas wifi gratis diharapkan bisa membantu siswa dalam hal proses belajar mengajar.

Meski demikian, pihaknya masih perlu menunggu perampungan daftar pelaksanaan anggaran (DPA), sehingga penyebaran wifi gratis di beberapa sekolah bisa segera terealisasi. “Kita tunggu rampung DPA dulu, mungkin bulan Juni sudah bisa kita sebar di seluruh sekolah,” ungkap Ade.

Sekadar informasi, hingga tahun 2017 lalu, sudah ada sekitar 70 titik wifi gratis yang tersebar di hampir seluruh ruang publik Kota Makassar. 70 titik itu diantaranya 35 wifi dari pemerintah dan 35 wifi lainnya adalah bantuan dari provider. Sementara tahun ini, pemerintah kembali akan memasang wifi gratis di 15 titik dengan anggaran sebesar Rp500 juta.

Masing-masing kecepatannya sekitar 20 Mbps sampai 30 Mbps. Khusus untuk tahun ini, pemerintah akan menaikkan bandwith setiap wifi menjadi 50 Mbps, sehingga kecepatan wifi yang sebelumnya akan ditingkatkan menyusul pemasangan titik wifi di tahun 2018. (*)


div>