SABTU , 20 JANUARI 2018

Komisi I Minta Disdukcapil Umumkan Himbauan Perekaman e-KTP di Masjid

Reporter:

Editor:

niar

Kamis , 25 Mei 2017 12:46
Komisi I Minta Disdukcapil Umumkan Himbauan Perekaman e-KTP di Masjid

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare, Tasming Hamid (kiri).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare, Tasming Hamid, mengatakan, pada bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, pihaknya meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare, untuk melakukan melakukan sosialisasi perekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Masjid.

Tasming menjelaskan, aktivitas masyarakat pada bulan suci Ramadhan, akan lebih banyak dihabiskan dengan memperbanyak ibadah. Sehingga, kata dia, besar kemungkinan sebagian waktu, lebih banyak digunakan masyarakat, untuk berada di Masjid.

“Salah satu yang bisa saja akan luput dari perhatian masyarakat yaitu, melakukan perekaman e-KTP,” katanya, Kamis (25/05/2017).

Karenanya, lanjut Tasming, Disdukcapil bisa bekerjasama dengan panitia atau pengurus Masjid, untuk menyampaikan himbauan terkait perekaman e-KTP. Supaya, katanya, keinginan masyarakat tetap ada da menyempatkan diri untuk melakukan perekaman e-KTP, meski di tengah-tengah kesibukan ibadah pada bulan suci Ramadhan.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat, supaya tidak menunda-nunda untuk melakukan perekaman e-KTP, jika sekiranya memiliki waktu luang,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolahan dan Pendayagunaan Data dan Informasi Kependudukan Disdukcapil Parepare, Adi Hidayah Saputra, mengemukakan, pihaknya telah melaksanakan rapat internal, terkait langkah-langkah dan upaya yang akan dilakukan Disdukcapil, pada bulan suci Ramadhan.

“Termasuk, salah satu fokus evaluasi dan perhatian kami yaitu, himbauan perekaman e-KTP di Masjid. Sehingga, kami tentu akan mengupayakan hal tersebut,” terangnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dan pendekatan pada pihak Kelurahan, untuk ikut membantu melakukan sosialisasi. Karena, tambah dia, pihaknya juga memprediksi akan terjadi penurunan tingkat partisipasi.

“Hanya saja, semoga penurunannya yang wajar saja. Oleh karena itu, kembali kepada kesadaran masyarakat, tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan khususnya e-KTP,” tandasnya. (luk)


Tag
div>