RABU , 21 NOVEMBER 2018

Komisi VII Bersama LIPI Berbagi Ilmu di Kabupaten Takalar

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 21 Agustus 2017 19:31
Komisi VII Bersama LIPI Berbagi Ilmu di Kabupaten Takalar

Bupati Takalr Burhanuddin Baharuddin saat memberikan sambutan di acara yang dilakukan oleh LIPI, Senin (21/8). Foto: Supahrin Tiro/RakyatSulsel

TAKALAR, RAKYATSULSEL.COM – Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Sulsel, Tamzil Linrung bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berbagi ilmu dengan masyarakat Kabupaten Takalar yang dilaksanakan di Kelurahan Takalar Lama, Kecamatan Mappakasunggu, yang mengusung tema pengenalan konservasi dan pengembangan potensi daerah, Senin (21/08).

Perwakilan LIPI, Ace Subarna menuturkan, salah satu peran LIPI dalam hal Ketahanan pangan secara nasional adalah berperan menjaga kelestarian terumbu karang agar tidak punah.

Menurutnya, pentingnya menjaga kelestarian sumber daya hayati yang saat ini sudah hampir punah, masyarakat dituntut untuk berperan aktif menjaga lingkungan terutama tumbuhan yang sangat potensial.

“Saya berharap ada kerja sama dengan pemerintah takalar untuk membangun kebun raya, selain dapat memperkenalkan jenis tanaman baru, juga sebagai PAD bagi takalar kedepan,” tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Takalar, LIPI juga menyerahkan beberapa jenis bantuan diantaranya bibit jati platinum sebanyak 1.000 pohon, durian montong, bibit jagung 500 kg, pupuk kompos organik 130 kg, terakhir pelatihan pembuatan pupuk kompos sederhana bagi petani.

Sementara itu, Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin, sangat mengapresiasi kegiatan LIPI dan DPR RI di Takalar.

Dia berharap, kehadirannya juga bisa memberikan banyak ilmu tentang penemuan- penemuan terbaru, dan juga mampu memberikan pemahaman tentang melestarikan lingkungan sekitar.

[NEXT-RASUL]

“Selaku pemerintah daerah, saya sangat mengapresiasi kepada Penyelenggara LIPI dan Komisi VII DPR RI karena telah memilih Kabupaten Takalar sebagai tempat untuk membagi ilmu pengetahuan serta para petani kita juga bisa bertambah ilmunya,” ujarnya.

Kepala dinas Tanaman Pangan Kabupaten Takalar, Abd Wahab menyatakan, Kabupaten Takalar sangat berpotensi di sektor peningkatan pertanian yang begitu potensial, hanya saja masih perlu masih perlu penelitian dan pengembangan agar produksi pangan bisa lebih meningkat.

“Saya sangat mengapresiasi kepada bapak Tamzil Linrung, karena kegiatan LIPI ditempatkan di Kabupaten Takalar, tentu kedatangan ini ada misi yang ingin dicapai, agar Takalar ini mendapatkan ketahanan pangan yang cukup dan tidak bergantung kepada daerah lain,” ucapnya.


div>