SELASA , 18 DESEMBER 2018

Komposisi Caleg, Strategi Parpol Tembus PT 4 Persen

Reporter:

Iskanto

Editor:

Kamis , 25 Oktober 2018 10:20
Komposisi Caleg, Strategi Parpol Tembus PT 4 Persen

Wakil Ketua Hanura Sulsel, Wawan Mattaliu

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komposisi Calon Anggota Legislatif (Caleg) menjadi kunci Partai Politik (Parpol) untuk mendapatkan kursi di DPR RI dengan menembus angka parliamentary threshold atau ambang batas 4 persen. Selain itu, mesin partai harus bekerja maksimal untuk mendapat suara rakyat.

Wakil Ketua Hanura Sulsel, Wawan Mattaliu, menuturkan, Partai Hanura punya strategi untuk meraih target PT 4 persen pada Pemilu 2019 mendatang. Salah satunya, dengan mengatur komposisi caleg.

“Dalam satu dapil, kami tidak menumpuk putra-putri dari daerah yang sama. Komposisi caleg itu disesuaikan dengan kabupaten/kota yang ada dalam setiap Dapil. Ini dilakukan supaya bisa maksimal suaranya,” kata Wawan, Rabu (24/10).

Hanura Sulsel sendiri menargetkan tiga kursi di DPR RI pada Pileg 2019 mendatang.
Sementara, Ketua DPD Garuda Sulsel, Moh Ilham Abdullah, mengungkapkan, untuk menembus PT 4 persen, saat ini mesin partai bekerja maksimal, khususnya Calon Anggota Legislatif (Caleg). Semua bekerja sesuai arahan partai untuk mendapatkan kursi di parlemen.

“Kan kita juga punya hitungan untuk meraih kursi. Semua Caleg dan kader kami, bekerja sesuai arahan partai,” ujarnya.

Ilham menyatakan, akan berupaya mewujudkan harapan partainya untuk meraih suara di parlemen. Meski tidak memiliki sejumlah tokoh seperti di partai lain, tetapi ia optimistis target tiga kursi di DPR RI dan enam kursi di DPRD Sulsel dapat tercapai. “Kami juga target 75 persen kemenangan di Sulsel,” tegasnya.

Untuk di DPRD Kabupaten dan Kota, partainya tak mematok target. Sebab, sebagai partai pendatang baru di Pemilu 2019, tentu ia menyadari beratnya tantangan yang dihadapi.

“Tentu kami ingin menang. Sebagai partai baru kami tak ingin muluk-muluk. Sekitar tujuh kursi di kabupaten/kota,” katanya.

Optimisme menembus PT 4 persen juga disampaikan Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sulsel, Zusanna Kaharuddin. “Tetap dong optimistis,” singkatnya. (*)


div>