SABTU , 20 JANUARI 2018

Konsumsi Avtur Meningkat 8 Persen

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 25 September 2012 09:16
Konsumsi Avtur Meningkat 8 Persen

Seorang karyawan melintasi di depan penampungan gas dan BBM di Terminal BBM dan Elpiji, Makassar, Senin (24/9).

MAKASSAR – Penerbangan haji yang berlangsung sampai dua bulan ke depan bakal mendongkrak konsumsi avtur. Pertamina Fuel Retail Marketing Region VII memperkirakan kenaikan penyaluran avtur di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar mencapai 8 persen dari rata-rata konsumsi normal yakni 650 Kilo Liter (KL) per hari.

Seorang karyawan melintasi di depan penampungan gas dan BBM di Terminal BBM dan Elpiji, Makassar, Senin (24/9).

Humas Pertamina Fuel Retail Marketing Region VII, Rosinah Nurdin, mengatakan, peningkatan ini disebabkan jumlah penerbangan selama musim haji meningkat. Khusus Makassar ada sekira 41 kloter yang akan diberangkatkan, jadi konsumsi avtur juga otomatis meningkat meski tidak terlalu signifikan.

“Kami memproyeksikan peningkatan avtur selama musim haji di Bandara Internasional Hasanuddin mencapai 8 persen. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan musim haji tahun lalu yang mencapai 10 persen,” katanya.

Penurunan ini, diakibatkan karena jumlah kloter berkurang dari tahun lalu yang mencapai 44 kloter menjadi 41 kloter pada tahun ini. Selain itu, rute transit juga berbeda dari tahun lalu di Batam lebih jauh dari rute transit tahun ini di Padang. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi avtur tahun ini menurun dua persen dari tahun lalu.

“Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar terbilang paling padat dan cukup tinggi pengunaan avtur mencapai 650 kl setiap hari. Nah, untuk mengantisipasi lonjakan penggunaan avtur kita menyiapkan pasokan yang cukup untuk menunjang kebutuhan penerbangan jamah haji,” terangnya

Rosinah mengatakan, pihaknya melayani 118 penerbangan setiap hari di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, termasuk penyiapan penerbangan jemaah haji 2012 dengan 41 kelompok terbang, maka dibutuhkan sebanyak 226.800 KL avtur yang dilayani 12 mobil tanki.

“Kita jamin persediaan Bahan Bakar Minyak (BBM), termasuk avtur untuk penerbangan domestik dan internasioal selama musim haji,” ujarnya.

Mengenai penggunaan BBM non subsidi jenis Pertamax untuk kendaraan dinas dan milik BMUN, ia mengatakan, telah disiapkan dibeberapa SPBU bagi yang ingin memakainya, namun hingga saat ini belum ada petunjuk lebih lanjut.

Stok BBM yang dimiliki Pertamina Region VII Sulawesi sebanyak 142 ribu kiloliter, yang terdiri dari 75 ribu kiloliter BBM jenis premium, 51 ribu kiloliter BBM jenis solar dan 14 ribu kiloliter minyak tanah.

“Jumlah ini rata-rata cukup hingga 9 hari ke depannya dan akan didistribusikan pada 17 lokasi depot terminal pengisian BBM yang ada di Sulawesi, di antaranya ke Makassar, Bitung dan Bau-Bau, ” bebernya. (RS10/dul/D)


Tag
div>