• Sabtu, 20 Desember 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Kontraktor Pangkep Dilatih Buat Tender Elektronik

Rabu , 05 Desember 2012 10:38
Total Pembaca : 418 Views

Baca juga

PANGKEP- Tahun 2013 mendatang semua proses pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Pangkep akan dilakukan secara elektronik. Hal ini untuk memudahkan para pengusaha barang dan jasa untuk mengikuti tender.

Karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep menggelar Pelatihan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) kepada 22 orang pengusaha. Pada pelatihan ini pula, pengusaha barang dan jasa alias kontraktor diajarkan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE).

Salah seorang panitia yang juga admin LPSE Kabupaten Pangkep, Arsyad mengatakan melalui proses tender elektronik para pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan uang banyak untuk pengadaan adminstrasi. Para pengusaha juga tidak perlu kuawatir adanya kecurangan atau kongkalikong antara pantitia dengan pengusaha tertentu.

“Sistem ini (elektronik) lebih efesien, hemat, dan transparan. Bisa diakses semua orang, jadi tidak perlu fotocopy berkas, tidak perlu mondar-mandir dan yang paling penting tidak ada lagi kongkalikong,” ujarnya di sela-sela pelatihan.

Arsyad menjelaskan bahwa kontraktor bisa melihat seluruh rencana pengadaan di website LPSE Kabupaten Pangkep dengan alamat www.lpse.pangkepkab.go.id.

Setelah itu mereka bisa langsung mendaftar dengan mengirim file secara online. Data pendaftar tender juga tidak kelihatan sampai waktu pengumuman pemenang tender.

“Pendaftarnya tinggal kunjungi web kami, lalu kirim berkasnya dan selesai. Tinggal tunggu masa pengumuman pemenang tender,” kata arsyad

Dia berharap para kontraktor Pangkep memahami cara kerja SPSE karena sistem ini akan membuka ruang kepada pengusaha luar.

“Kontraktor Pangkep harus kuasai ini (SPSE) kalau tidak kasihan. Karena pasti kalah, diambil sama orang luar yang paham. Karena melalui sistem ini semua kontraktora se-Indonesia bisa masuk mendaftar,” tutupnya. (K5/eui/C)