SENIN , 16 JULI 2018

Kontraktor Tol Layang Mulai Bekerja

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 14 Juli 2018 11:00
Kontraktor Tol Layang Mulai Bekerja

TOL LAYANG. Maket Tol Layang Dalam Kota yang menghubungkan Jalan Tol Reformasi dengan Jalan AP Pettarani : foto :RAKYATSULSEL

* Sedang Dilakukan Penggalian Untuk Pondasi Tiang Pancang

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pembangunan tol layang AP Pettarani akhirnya dimulai. Proses pembangunan awal yakni dengan melakukan penggalian tanah untuk pondasi tiang pancang di ruas Tol Reformasi menuju Jalan AP Pettarani Makassar, Jum’at (13/7) kemarin.

Kegiatan pembuatan lubang ini diakui oleh Direktur Utama PT Bosowa Marga Utama Nusantara Jalan Tol Seksi IV (BMN-JTSE), Anwar Toha. Ia menjelaskan saat ini sedang dilaksanakan pembuatan lubang di tanah dengan cara tanah di bor terlebih dahulu kemudian penginstalan besi tulangan ke dalam lubang yang dilanjutkan dengan pengecoran bore pile.

Dia mengemukakan, aktifitas itu masih bagian dari pekerjaan awal atau persiapan. “Sampai saat ini masih tahapan pekerjaan awal. Proses bore pile. Mudah-mudahan bore pile-nya tidak ada yang bergeser,” kata Anwar Toha, Jumat (13/7).

Dia memperkirakan untuk pemancangan tiang yang akan menjadi pondasi jalan sudah bisa dilaksanakan akhir Juli mendatang. Menurutnya, sambil mengerjakan proses pondasi jalan, saat ini juga sudah sementara dibuat struktur cor yang akan menjadi badan jalan tol.

Menurutnya, pengerjaan tersebut dilakukan diluar pekerjaan proyek tol layang. Sehingga tidak mengganggu proses persiapan dan bore pile. Ia menjelaskan ketika sudah siap untuk dipasang, baru akan didatangkan untuk kemudian dirangkai.

“Tapi semua yang dikerjakan saat ini masih dalam tahapan pekerjaan awal. Sekitar dua bulan ke depan mungkin kita sudah akan masuk ke pekerjaan konstruksi,” ungkapnya.

Lanjut, Anwar mengatakan saat ini pekerja juga masih berkutat pada pemindahan sejumlah utilitas. Salah satunya, kata dia, pemindahan kabel Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Untuk pipa PDAM, kita sudah ada kesepakatan, nanti kontraktornya yang eksekusi itu memindahkan pipanya, sisa diganti pipanya saja karena memang sudah tua, sekitar 30 tahun,” jelasnya.

Pembangunan Tol Layang Pettarani dipastikan molor dari jadwal yang direncanakan. Hingga saat ini, kontraktor pembangunan Jalan Tol Layang Pettarani masih berkutat pada penyelesaian tahap persiapan. Padahal, berdasarkan jadwal, pekerjaan konstruksi seharusnya sudah dimulai sejak April lalu.

Persiapan pekerjaan pun juga molor. Rencananya, seperti yang dijelaskan Direktur Teknis dan Operasional Margautama Nusantars, Ismail Malliungan, median jalan AP Pettarani mulai akan ditutup seng sekitar 25 Juni lalu. Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda jika rencana itu akan dilakukan. (*)


div>