SELASA , 11 DESEMBER 2018

Korban Meninggal 25 Orang, Fahri Hamzah: Pidie Jaya Memanggil Kita

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 07 Desember 2016 13:52
Korban Meninggal 25 Orang, Fahri Hamzah: Pidie Jaya Memanggil Kita

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah.

JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyampaikan duka mendalam atas bencana gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada Rabu (7/12).

Diketahui, hingga saat ini data korban meninggal menurut Kepala BPBD Pidie Jaya Puteh Manaf, telah mencapai 25 orang.

“Atas nama anggota dan pimpinan DPR, saya menyampaikan belasungkawa atas kejadian yang mengejutkan ini. Semoga Allah memberikan ketabahan kepada para korban dan keluarganya,” kata Fahri.

Bencana ini menurut Fahri merupakan ujian untuk menunjukkan solidaritas dan persatuan dalam mengatasi bencana ini. “Saya berharap para pejabat bekerja cepat untuk menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak,” harapnya.

Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pukul 05.03.36 WIB.

Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. Gempa tidak memicu tsunami.

Hasil analisis peta tingkat guncangan dari BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser. (jpnn)


div>