RABU , 14 NOVEMBER 2018

Kota Makassar Masuk di The 10 Destination Brandings

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 31 Agustus 2017 22:00
Kota Makassar Masuk di The 10 Destination Brandings

Kepala Bidang Komunikasi Mancanegara, Kemenpar RI, Elisabet Hutagaol saat memberikan sambutan di acara Sosialisasi Branding "Explore Makassar" di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin. Kamis (31/8). Foto: Suryadi/RakyatSulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kota Makassar masuk ke dalam  The 10 Destination Brandings yang akan mendukung pariwisata Indonesia kancah internasional.

“Kota Makassar memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata. Baik budaya, wisata kuliner, handycraft dan juga menjadi pintu gerbang penghubung barat dan timur Indonesia. Sehingga dipilih Kemenpar RI, di promosi di luar negeri,” kata Kepala Bidang Komunikasi Mancanegara, Kemenpar RI, Elisabet Hutagaol saat Sosialisasi Branding “Explore Makassar” di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin. Kamis (31/8).

Selain Makassar, kesepuluh destinasi pariwisata lainnya yakni Medan, Kepulauan Riau, Jakarta, Bandung, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Banyuwangi, Bali, Lombok dan Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat).

Menurut Elisabet, Branding “Explore Makassar” sangat tersistematis, dari tema warna yang digunakan dalam logo senada dengan Wonderful Indonesia sebagai Master Branding pariwisata nasional. Perbedaan yang mencolok terletak pada gambar yang digunakan pada logo, Explore Makassar menggunakan gambar kapal Phinisi.

Kapal Phinisi mencerminkan budaya bahari yang memang mencerminkan Makassar sebagai waterfront city dan juga sebagai menunjukkan konektifitas lintas wilayah

“Jadi kami telah mensurvey dan melakukan penilaian tersendiri dari beberapa opsi, hasilnya kami memilih gambar Phinisi. Kenapa? Karena Phinisi menggambarkan karakter Makassar yang tegas dan berani. Selain memiliki nilai sejarah,” ucap Eli sapaan akrab Elisabet.

Elisabet melanjutkan, penggunaan branding Explore Makassar memudahkan pihak Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan Makassar sebagai salah satu destinasi wisata andalan Indonesia di luar negeri.

“Explore Makassar telah kami promosikan di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia dan Cina. Bahkan telah sampai ke daratan Eropa, tepatnya di Jerman saat kami menghadiri acara di Berlin,” katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan adanya branding Explore Makassar oleh Kementerian Pariwisata RI.

“Kami harap patiwisata Makassar lebih dikenal lagi di kancah Internasional serta mampu meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara. Apalagi 2019, Indonesia menargetkan 20 juta wisatawan datang ke Indonesia,” tuturnya.

Rusmayani menambahkan, di Makassar, para wisatawan tidak hanya disuguhi keindahan baharinya,  melainkan para wisatawan bisa menikmati sajian kuliner Makassar yang terkenal kaya akan rempah-rempahnya

“Intinya Makassar ini merupakan produk pariwisata Indonesia yang kaya akan unsur budaya dan alam yang memukau,” tandasnya. (Suryadi Maswatu)


div>