RABU , 14 NOVEMBER 2018

Kota Palopo Terima UHC JKS-KIS Award

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 23 Mei 2018 23:40
Kota Palopo Terima UHC JKS-KIS Award

Kepala Bagian Humas Kota Palopo, Eka Sukmawaty. S. STP mendampingi Pjs Walikota Palopo Andi Arwien saat menerima UHC JKS-KIS Award.

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota Palopo kembali menerima penghargaan, dari Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atas Tercapainya Universal Health Coverage (UHC).

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKS-KIS Award tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) yang di Wakili Mendagri Tjahjo Kumolo kepada Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Palopo Andi Arwien di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018.

Pjs Walikota Palopo Andi Arwien pada kesempatan itu menyampaikan rasa syukur atas penghargaan tersebut. Dimana penghargaan tersebut merupakan sebuah apresiasi dari BPJS karena Kota Palopo berhasil mencapai UHC.

“Alhamdulillah Kota Palopo mendapatkan penghargaan UHC. Dan penghargaan ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah terhadap kesehatan masyarakatnya,” ungkap Andi Arwien.

Andi Arwien juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak atas upaya dan kerja keras upaya dalam pencapaian target untuk pemenuhan kuota bagi masyarakat peneria manfaat.

“Ini kerja keras semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat Kota Palopo. Dan inilah hasilnya, kita mendapatkan penghargaan,” kata Andi Arwien.

Andi Arwien juga berharap melalui penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk kedepannya agar pemenuhan kuota secara mnyeluruh dapat lebih ditingkatkan.

Sementara itu Kepala Bagian Humas Kota Palopo, Eka Sukmawaty. S. STP. Yang mendampingi Walikota Palopo bersama Kepala BPJS Cabang Kota Palopo Yusef Eka Darmawan, mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Penghargaan tersebut di terima Kota Palopo dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sebagai salah satu Daerah dari 4 Provinsi dan 120 kabupaten/kota di Indonesia yang sukses bekerjasa sama dalam program jaminan kesehatan.

“Kota Palopo menerima penghargaan setelah dinyatakan berhasil memberikan pelayanan kesehatan prima berbekal kartu BPJS kepada masyarakat Kota Palopo,” ungkap Eka.

Lanjut Eka, penghargaan diterima Kota Palopo karena dianggap telah berhasil mengikut sertakan 95 persen masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Diketahui, sampai saat ini Pemerintah Kota Palooo telah menganggarkan biaya kesehatan menyeluruh yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dimana saat ini sesuai data yang ada, peserta BPJS kesehatan di Kota Palopo, sudah mencapai 96 %, artinya tersisa 4% masyarakat yang belum tercover JKN dan KIS.

Sebelumnya, pada pagi harinya, semua Kepala Daerah diterima langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) untuk tatap muka di Istana negara. Dan pada sore tadi dilaksanakan Penyerahan Penghargaan. (**)


div>