SABTU , 23 JUNI 2018

Kotak Kosong Menang, Danny Digantikan Pj Wali Kota

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Kamis , 07 Juni 2018 14:06
Kotak Kosong Menang, Danny Digantikan Pj Wali Kota

Walikota, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal MI salam komando dengan Penjabat Gubernur Sulsel, Sony Sumarsono di Kantor Gubernur. (ist)

*Soni : Pj Wali Kota dari Eselon II Pemprov

MAKASSR, RAKYATSULSEL.COM – Kembalinya Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menjabat sebagai wali kota Makassar bisa menjadi ancaman bagi pasangan Calon Wali Kota (Cawalkot) Munafri Arifuddin -Andi Rachamtika Dewi (Appi-Cicu). Apalagi seruan kotak kosong semakin meluas di Makassar.

Skenario terburuk di Pilwalkot Makassar adalah kemenangan kotak kosong. Jika ini terjadi maka Danny Pomanto yang diketahui masa akhir jabatannya bersama Syamsu Rizal (Deng Ichal) sebagai wali kota dan wakil wali kota Makassar jatuh pada 7 Mei 2019, akan digantikan oleh Pejabat wali kota.

Pj Gurbernur Sulsel, Soni Sunarsono saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan melakukan pengangkatan Penjabat (Pj) Wali Kota dari eselon II Pemprov Sulsel. “Tidak boleh ada yang kosong, jadi akan ditunjuk Pj Wali Kota dari Pemprov,” Singkat Sumarsono, Rabu (6/6).

Sementara itu, terkait rencana Danny Pomanto untuk melakukan mutasi beberapa eselon II hingga camat mendapat komentar dari Soni Sumarsono. menurutnya DP bisa saja melakukan hal itu atas dasar kewenangan secara administrasi.

Boleh, secara administrasi menjadi kewenangan Wali kota, sejauh tidak sampai menonjobkan,” Ucap Sumarsono.

Lebih jauh Sumarsono menjelaskan DP akan dinyatakan melanggar apabila melakukan non job kepada ASN tanpa alasan yang jelas.

“Bagi ASN, non job adalah hukuman administratif dan harus jelas kenapa seseorang di-non jobkan. Kalau pencopotan sebagai Plt kapan saja bisa, karena Plt adalah tugas tambahan,” jelasnya. (*)


div>